Detail Cantuman Kembali
FAKHRI NUR RAHMAN - Personal Name

PERSEPSI MASYARAKAT ADAT TENTANG PELESTARIAN BUDAYA SETELAH PEMEKARAN KECAMATAN KOTA BANGUN DARAT (STUDI KASUS: MASYARAKAT ADAT DESA KEDANG IPIL KECAMATAN KOTA BANGUN DARAT KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat tentang pelestarian budaya adat setelah pemekaran Kecamatan Kota Bangun Darat dan strategi apa yang akan dilakukan masyarakat Desa Kedang Ipil tentang pelestarian budaya tersebut. Penelitian ini yakni penelitian dengan model pendekatan kualitatif dalam penelitian ini yaitu suatu metode penelitian deskriptif, yang mengarahkan penelitian kepada tujuan untuk memaparkan dan menggambarkan tentang Persepsi Masyarakat Adat di Kedang Ipil tentang Pelestarian Budaya pasca Pemekaran Kecamatan Kota Bangun Darat. Hasil penelitian ini bahwa dari persepsi Masyarakat Adat disimpulkan terdapat kekhawatiran Masyarakat Adat tentang pelestarian yang diharapkan agar terus menerus dilestarikan atau dilaksanakannya budaya yang melekat di Desa Kedang Ipil Kecamatan Kota Bangun Darat yakni dengan beberapa indikator berupa: a. Efek modernisasi yang menyebabkan berkurangnya minat dari generasi penerus yang diharapkan bisa melanjutkan budaya yang ada di Desa Kedang Ipil; b. Anak-anak dan remaja diyakini menjadi generasi selanjutnya dapat melanjutkan budaya dari Adat Kutai Lawas yang ada di Desa Kedang Ipil sehingga kebudayaan yang ada tidak teriris seiring modernisasi yang ada. Selain daripada itu Masyarakat Adat serta Pemerintah Desa ingin melaksanakan suatu strategi dalam pelestariannya yakni : a. Pembangunan Jati Diri; b. Pemahaman Budaya Kutai Adat Lawas; c. Penerbitan Peraturan Daerah; d. Pemanfaatan Teknologi Informasi.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERSEPSI MASYARAKAT ADAT TENTANG PELESTARIAN BUDAYA SETELAH PEMEKARAN KECAMATAN KOTA BANGUN DARAT (STUDI KASUS: MASYARAKAT ADAT DESA KEDANG IPIL KECAMATAN KOTA BANGUN DARAT KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA)
Pengarang FAKHRI NUR RAHMAN - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI FAKHRI p 2023
Subyek Persepsi, Masyarakat Adat, Pelestarian Budaya
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan PEMERINTAHAN INTEGRATIF
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua