Detail Cantuman Kembali
NURHADI - Personal Name

KLASIFIKASI PENELITIAN BENTUK MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI INDONESIA

Media pembelajaran sangatlah penting dalam pembelajaran untuk kualitas pendidikan yang lebih baik dan mengatasi proses pembangunan berkelanjutan di masa depan. Karena itu pendidik harus memanfaatkan media pembelajaran yang sesuai dengan kondisi karakteristik dan lingkungan siswa. Agar pendidik dapat memanfaatkan media pembelajaran, pendidik haruslah mengetahui bentuk media pembelajaran apa saja yang ada ataupun sudah diteliti saat ini.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengklasifikasian bentuk media pembelajaran, jenjang pendidikan, dan materi yang diujikan dalam penelitian-penelitian media pembelajaran matematika di Indonesia. Batasan yang dipakai adalah artikel yang membahas media pembelajaran matematika di Indonesia, artikel yang berasal dari jurnal matematika dan pendidikan matematika yang telah terakreditasi Sinta 1 dan 2, serta artikel yang dipublikasikan pada tahun 2018-2022.
Jenis penelitian ini adalah systematic literature review. Dalam penelitian ini topik yang dibahas adalah penelitian media pembelajaran matematika. Subjek penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah artikel-artikel tentang media pembelajaran matematika yang dipublikasikan pada tahun 2018-2022 dan termuat pada jurnal-jurnal matematika dan pendidikan matematika yang telah terakreditasi pada kategori Sinta 1 dan 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengumpulan data dari literatur. Pengumpulan data dari literatur dalam penelitian ini adalah artikel-artikel tentang media pembelajaran matematika yang akan diteliti pada jurnal matematika dan pendidikan matematika yang terakreditasi pada Sinta 1 dan 2. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dengan langkah-langkahnya adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan dari 170 artikel yang terpilih didapatkan bentuk media yang diteliti adalah media interaktif sebanyak 72 artikel, media visual sebanyak 49 artikel, media audiovisual sebanyak 40 artikel dan media konkret sebanyak 9 artikel. Jenjang pendidikan yang dijadikan tempat penelitian adalah jenjang SMP sebanyak 71 artikel, SMA sebanyak 44 artikel, Perguruan Tinggi sebanyak 29 artikel, SD sebanyak 22 artikel dan 4 artikel tidak menyebutkan jenjang pendidikan. Materi yang diujikan adalah materi Geometri sebanyak 68 artikel, Aljabar sebanyak 42 artikel, Teori Bilangan sebanyak 21 artikel, Himpunan sebanyak artikel, Kalkulus sebanyak 5 artikel, Trigonometri sebanyak 5 artikel, Statistika sebanyak 3 artikel, Matematika Diskrit sebanyak 2 artikel, Kombinatorika sebanyak 1 artikel, Logika Matematika sebanyak 1 artikel, Matematika ekonomi sebanyak 1 artikel, Persamaan Diferensial sebanyak 1 artikel, dan 14 artikel tidak menyebutkan materi yang diujikan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KLASIFIKASI PENELITIAN BENTUK MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI INDONESIA
Pengarang NURHADI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NUR k 2023
Subyek klasifikasi
Matematika
media
systematic literature review
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Matematika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua