Detail Cantuman Kembali
AULIA AYU ANDILLA - Personal Name

Analisis Tindak Tutur Ilokusi Dalam Program Acara Talk Show Mata Najwa Trans 7 Episode Unjuk Sumpah Anak Muda (Kajian Pragmatik)

ABSTRAK
Aulia Ayu Andilla, 2023. Analisis Tindak Tutur Ilokusi Dalam Program Acara Talk Show Mata Najwa Trans 7 Episode Unjuk Sumpah Anak Muda (Kajian Pragmatik.Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni,. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dibimbing oleh, Dr. Syaiful Arifin, M. Hum dan Kukuh Elyana, S.Pd, M, Pd.

Kata Kunci :Tindak Tutur, Ilokusi, Talk Show, Mata Najwa, Pragmatik.

Pada saat ini pula banyak program siaran televisi tidak hanya menyajikan informasi tetapi juga hiburan. Hal inilah yang membuat banyaknya stasiun televisi di Indonesia menyajikan program acara televisi yang lebih inovatif demi meningkatkan rating tontonan dari pemirsa Seperti program acara televisi Talk Show Mata Majwa. Rumusan Masalah dalam penelitian yaitu Bagaimana jenis-jenis tindak tutur ilokusi dan bagaimana fungsi tindak tutur ilokusi yang tedapat dalam program acara Talk Show Mata Najwa Trans 7 episode Unjuk Sumpah Anak Muda pada Tanggal 28 Oktober 2020 ? Penelitian ini bertujuan Mendeskripsikan jenis-jenis tindak tutur ilokusi dalam program acara Talk Show acara Mata Najwa Trans 7 episode Unjuk Sumpah Anak Muda Tanggal 28 Oktober 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak dengan Teknik sadap, Teknik simak bebas libat cakap, dan catat. Dari hasil penelitian ini ditemukan jenis tindak tutur ilokusi asersif menyatakan, menyarankan, membual, mengeluh, dan mengklaim. Keempat jenis tindak tutur ilokusi Dapat dilihat dari tuturan-tuturan yang terjadi antara pewara dengan narasumber-narasumber yang hadir kesimpulannya yang diperoleh adalah ditemukan bagaimana jenis- jenis tindak tutur ilokusi dan Fungsi tindak tutur ilokusi. Tindak tutur ilokusi yang ditemukan dalam tuturan pewara dengan narasumber-narasumber adalah Jenis tindak tutur ilokusi asertif yang ditemukan yaitu menyatakan, menyarankan, mebual, mengeluh, mengkalim. jenis tindak tutur direktif memesan, memerintah, memohon, menasehati, merekomendasikan. Jenis Tindak tutur Ilokusi Komisif yang ditemukan yaitu berterima kasih, meminta maaf, menyalahkan, memuji. Tindak tutur ilokusi deklaratif yang ditemukan yaitu melarang,mengizinkan dan menolong. Selain itu juga ditemukan fungsi tindak tutur yaitu fungsi kompetitif, fungsi menyenangkan, fungsi bekerjasama, fungsi bertentangan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Analisis Tindak Tutur Ilokusi Dalam Program Acara Talk Show Mata Najwa Trans 7 Episode Unjuk Sumpah Anak Muda (Kajian Pragmatik)
Pengarang AULIA AYU ANDILLA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI AUL a 2023
Subyek Tindak Tutur, Ilokusi, Talk Show, Mata Najwa, Prag
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua