Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Sederhana Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match pada Siswa Kelas III SD Negeri 007 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2022/2023
Abduh, 2023. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Sederhana Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match pada Siswa Kelas III SD Negeri 007 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2022/2023. “Penelitian ini dibimbing oleh Dr. H. Yudo Dwiyono, M.Si., sebagai Dosen Pembimbing I dan Drs. H. La Djangka, M.Pd. sebagai Dosen Pembimbing II”.
Kata Kunci : Hasil Belajar Matematika, Materi Pecahan Sederhana, Model Pembelajaran Make a Match.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 007 Samarinda Ulu khususnya pada mata pelajaran Matematika materi pecahan sederhana. Rumusan masalah dalam penelitian ini Bagaimana peningkatan hasil belajar Matematika materi pecahan sederhana dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match pada siswa kelas III SD Negeri 007 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2022/2023?. Maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika materi pecahan sederhana menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match pada siswa kelas III SD Negeri 007 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2022/2023.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan selama tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 007 Samarinda Ulu yang berjumlah 26 siswa dan objek dari penelitian ini adalah hasil belajar Matematika materi pecahan sederhana menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan persentase aktivitas guru dan siswa, ketuntasan hasil belajar, rata-rata, nilai akhir, dan peningkatan hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar Matematika materi Pecahan Sederhana menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match pada siswa kelas III SD Negeri 007 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2022/2023. Peningkatan hasil belajar siswa tersebut dapat dibuktikan dari nilai rata-rata Matematika siswa pada pra siklus sebesar 48,85 dengan persentase siswa yang tuntas 23,08%, kemudian meningkat pada siklus I menjadi 60,96 dengan persentase peningkatan hasil belajar sebesar 24,80% dan persentase siswa yang tuntas sebesar 46,15%. Pada siklus II nilai ratarata meningkat menjadi 67,69 dengan persentase peningkatan dari nilai pra siklus sebesar 38,58% dan persentase siswa yang tuntas sebesar 65,38%. Pada siklus III nilai rata-rata meningkat menjadi 78,85 dengan persentase peningkatan dari nilai pra siklus sebesar 61,41% dan persentase siswa yang tuntas sebesar 88,46%.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Sederhana Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match pada Siswa Kelas III SD Negeri 007 Samarinda Ulu Tahun Pembelajaran 2022/2023 |
---|---|
Pengarang | Abduh - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ABD p 2023 |
Subyek | Model Pembelajaran Make a Match Hasil Belajar Matematika, Materi Pecahan Sederhana |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY