Detail Cantuman Kembali
NAUFAL NAJIB - Personal Name

Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Rumput Untuk Pembuatan Taman Menggunakan Metode Multi-Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis (MOORA)

Rumput merupakan tanaman berkeping satu dengan daun tipis dan meruncing yang tumbuh dari pangkal batang. Rumput sering dibudidayakan sebagai tanaman obat, tanaman hias maupun untuk pakan ternak, tetapi hanya terdapat beberapa jenis rumput yang cocok untuk dijadikan tanaman hias untuk pembuatan taman. Saat ini penyedia jasa pembuatan taman masih menggunakan sistem manual untuk menentukkan jenis rumput, sehingga dapat terjadi kesalahan yang mengakibatkan kerusakan pada taman, penurunan nilai seni dan harga jual rumput tersebut. Oleh karena itu dibutuhkan suatu sistem yang dapat membantu dalam menentukan jenis rumput untuk pembuatan taman, yaitu sistem pendukung keputusan (SPK). Sistem ini dibangun berbasis web dengan menggunakan metode Multi-Objective Optimization on The Basis of Ratio Analysis (MOORA) untuk menentukan urutan rumput yang paling direkomendasikan dalam pembuatan taman. Penelitian ini menggunakan sebanyak 17 jenis rumput sebagai data alternatifnya dan 5 kriteria pemilihan, yaitu bentuk daun, laju pertumbuhan, ketahanan cuaca, warna daun, perawatan, tekstur daun dan harga setiap meter-nya. Implementasi metode MOORA pada sistem menghasilkan urutan rekomendasi jenis rumput untuk pembuatan taman, yaitu Rumput Jepang sebagai alternatif terbaik dengan nilai optimasi tertinggi yaitu -0,02499. Hasil validasi sistem menggunakan metode confusion matrix untuk perbandingan antara perhitungan sistem dengan perhitungan manual didapatkan hasil akurasi sebesar 71 %. Berdasarkan hasil validasi tersebut, sistem masih dapat digunakan untuk membantu pemilihan rumput dalam pembuatan taman dengan beberapa pembaruan kedepannya.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Rumput Untuk Pembuatan Taman Menggunakan Metode Multi-Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis (MOORA)
Pengarang NAUFAL NAJIB - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NAU s 2023
Subyek Sistem Pendukung Keputusan
CONFUSION MATRIX
Rumput
Taman
Multi Objective Optimization on The Basis of Ratio
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan Informatika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua