Detail Cantuman Kembali
Okta Marisa Fitriani - Personal Name

Pertumbuhan dan Kandungan Pigmen Klorofildan Karotenoid Botryococcus braunii Pada Media Ekstrak Daun Lamtoro (Leucaena leucocephala)

Botryococcus braunii merupakan salah satu mikroalga yang tersebar luas di perairan seperti kolam atau danau dan dimanfaatkan sebagai pakan budidaya dan minyaknya sebagai bahan biodiesel. Penggunaan media Walne sebagai media tumbuh Botryococcus braunii memiliki harga yang relatif mahal, oleh karena itu salah satu bahan alami sebagai nutrien yang bisa digunakan dalam pengkulturannya yaitu ekstrak daun lamtoro. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pemberian ekstrak daun lamtoro 0,2 %, 0,4 % dan 0,6 % terhadap kandungan karotenoid, klorofil dan laju pertumbuhan Botryococcus braunii serta dan menentukan pemberian ekstrak yang optimal ekstrak daun lamtoro sebagai media tumbuh. Pada penelitian ini Botryococcus braunii dibagi menjadi 3 perlakuan dengan penambahan ekstrak 0,2 % 0,4 %, dan 0,6 % serta perlakuan kontrol (Walne) sebagai media kultur, lalu di isolasi dan diamati selama 1-2 bulan kemudian dilakukan uji laju pertumbuhan, klorofil dan karotenoid. Berdasarkan penelitian yang dilakukan didapatkan hasil bahwa pemberian ekstrak daun lamtoro yang berbeda-beda pada media kultur berpengaruh nyata terhadap laju pertumbuhan dengan penambahan kepadatan sel pada penambahan ekstrak 0,2 % sebanyak 489,4x104 sel/ml dan laju pertumbuhan 0,513±0,253, sedangkan klorofil (a), (b), total dan karotenoid menunjukkan tidak adanya pengaruh nyata (P>0,05).

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pertumbuhan dan Kandungan Pigmen Klorofildan Karotenoid Botryococcus braunii Pada Media Ekstrak Daun Lamtoro (Leucaena leucocephala)
Pengarang Okta Marisa Fitriani - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI OKT p 2023
Subyek Botryococcus braunii, Ekstrak daun lamtoro,
Karotenoid, Klorofil
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan Biologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua