Detail Cantuman Kembali
FADHILAH ALIYAH - Personal Name

HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS, DAN CITRA DENGAN KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS SIDOMULYO SAMARINDA

Kesehatan sebagai hak asasi manusia memanifestasikan kewajiban hukum bagi suatu negara untuk memastikan bahwa hak atas kesehatan setiap warga telah terpenuhi. Puskesmas hadir sebagai fasilitas pelayanan kesehatan yang menjadi garda utama dalam mengatasi masalah kesehatan di masyarakat. Puskesmas dituntut untuk selalu menjaga kepercayaan dan loyalitas pasien dengan meningkatkan kualitas pelayanan, fasilitas, dan citra agar kepuasaan pasien meningkat sehingga derajat kesehatan masyarakat juga dapat membaik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan, fasilitas, dan citra dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Sidomulyo Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional dengan jenis penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling terhadap 134 pasien rawat jalan di Puskesmas Sidomulyo melalui kuesioner dengan 35 pertanyaan. Hasil analisis data menggunakan uji korelasi Rank Spearman rho menunjukkan bahwa nilai signifikansi p kurang dari 0,05 pada masing-masing variabel yang diteliti yakni kualitas pelayanan (p= 0,000 r= 0,864), fasilitas (p= 0,000 r= 0,814) dan citra (p = 0,000 r=0,857). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara kualitas pelayanan, fasilitas dan citra dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Sidomulyo Samarinda dengan kekuatan korelasi sangat tinggi. Pihak puskesmas perlu meningkatkan kualitas pelayanan rawat jalan serta memperbaiki dan meningkatkan fasilitas yang masih dirasa kurang sesuai dengan kebutuhan pasien agar citra puskesmas bernilai baik di masyarakat.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS, DAN CITRA DENGAN KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS SIDOMULYO SAMARINDA
Pengarang FADHILAH ALIYAH - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI FAD h 2022
Subyek Kualitas Pelayanan,
Fasilitas,
Citra,
Kepuasan Pasien,
Puskesmas Sidomulyo
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Kedokteran
Jurusan Kedokteran
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua