Detail Cantuman Kembali
Tasya Meidita - Personal Name

Perumusan Strategi Pemasaran Produk Rengginang dengan Penerapan Formulasi Manajemen Strategi (Studi Kasus : UMKM Rengginang Bunda Samarinda)

UMKM Rengginang Bunda Samarinda merupakan salah satu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Samarinda yang bergerak di bidang kuliner dan memproduksi Rengginang. UMKM Rengginang Bunda masih sangat lemah dengan menerapkan promosi dari mulut kemulut dan melalui media Facebook, dan tidak mengikuti pangsa pasar yang sangat ketat untuk bersaing, seperti masih menggunakan target pasar pada usia dewasa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pemasaran yang cocok untuk UMKM Rengginang Bunda agar mampu bersaing dan mengembangkan memasarkan produk kerupuk siap saji dalam kemasan khususnya pada target pasar usia remaja akhir 17-25 tahun. Analisis strategi pemasaran dilakukan dalam 3 tahap yang pertama tahap input yaitu menggunakan matrik IFE dan EFE untuk mengetahui bobot dan rating pada masing-masing faktor.

Hasil yang diperoleh pada matriks IFE sebesar 2,637, sedangkan pada matriks EFE sebesar 2,423. Selanjutnya dilakukan tahap pencocokan menggunakan matriks CPM, IE, SWOT, Grand Strategy (GS). Pada matriks CPM diperoleh keunggulan dari produk, yaitu keunggulan produk dari pesaing yang lainnya yaitu varian rasa yang lebih bervariasi dengan total skor 0,318. Pada matriks IE menunjukkan bahwa UMKM Rengginang Bunda sel V dapat melaksanakan strategi hold and maintain termasuk penetrasi pasar dan pengembangan produk. Langkah selanjutnya dirumuskan menggunakan matriks SWOT dan didapatkan hasilnya yaitu dua belas strategi alternatif. Tahap terakhir yaitu tahap keputusan menggunakan QSPM untuk pemilihan strategi yang sesuai dan dapat diterapkan oleh UMKM Rengginang Bunda Samarinda. Strategi alternatif yang diprioritaskan untuk diterapkan yaitu melakukan diversifikasi bentuk produk rengginang dengan Sum Total Attractive Score (STAS) sebesar 10,302. Salah satu usulan penerapan strategi alternatif jangka pendek adalah melakukan diversifikasi produk rengginang, serta jangka panjang adalah membuat inovasi produk yang baru dalam hal logo, label, maupun mutu produk.

Kunci; Rengginang, Strategi Pemasaran, Matriks CPM, Grand Strategy, Analisis SWOT, QSPM

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Perumusan Strategi Pemasaran Produk Rengginang dengan Penerapan Formulasi Manajemen Strategi (Studi Kasus : UMKM Rengginang Bunda Samarinda)
Pengarang Tasya Meidita - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI TAS p 2023
Subyek Rengginang, Strategi Pemasaran, Matriks CPM, Grand
Grand Strategy, Analisis SWOT, QSPM
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan Teknik Industri
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPA. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua