Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran Guru di SMP Muhammadiyah Balikpapan
ROHANA. Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran Guru di SMP Muhammadiyah Balikpapan (dibimbing oleh Prof. Dr. H. Rahmat Soe’oed, MA. dan Prof. Dr. Azainil, M.Si.)
Supervisi akademik merupakan suatu proses yang ditempuh oleh kepala sekolah untuk membantu guru meningkatkan kemampuannya dalam mengelola pembelajaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, tindak lanjut, kendala dan solusi dalam supervisi akademik kepala sekolah sebagai upaya peningkatan mutu pembelajaran guru di SMP Muhammadiyah Balikpapan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru serta siswa sebagai informan dalam penelitian ini. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perencanaan supervisi akademik kepala sekolah dimulai dengan mengadakan pertemuan bersama guru-guru untuk menyusun program supervisi secara berkala dan menyiapkan instrumen supervisi; (2) Pelaksanaan supervisi akademik dilakukan melalui observasi kelas dengan mengamati pelaksanaan pembelajaran, mulai dari guru membuka pelajaran sampai menutup pelajaran, menjalin komunikasi antara kepala sekolah dengan guru untuk memberi masukan, saling berdiskusi dan berbagi informasi antar guru sehingga guru tersebut dapat meningkatkan kualitas dirinya serta menguasai proses pembelajaran di kelas; (3) Evaluasi supervisi akademik adalah guru yang telah disupervisi melakukan evaluasi diri terkait proses pembelajaran di kelas, kemudian guru direkomendasikan untuk mengikuti pelatihan dan bimbingan teknik terkait peningkatan kompetensi guru;(4) Kendala kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi adalah kesibukan kepala sekolah dengan tugas rutin sehari-hari dan beban kerja kepala sekolah yang cukup besar. Solusi untuk mengatasi kendala tersebut adalah menugaskan guru senior yang berkompeten untuk melaksanakan supervisi akademik.
Kata kunci: supervisi akademik, kepala sekolah, mutu pembelajaran guru.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran Guru di SMP Muhammadiyah Balikpapan |
---|---|
Pengarang | ROHANA - Personal Name |
No. Panggil | TESIS ROH s 2023 |
Subyek | supervisi akademik, kepala sekolah, mutu pembelaja |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Magister Manajemen Pendidikan |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY