Detail Cantuman Kembali
Samsar - Personal Name

Pengembangan Media Pembelajaran "ISOTEK" Berbasis Android pada Mata Pelajaran Sistem Komputasi Materi Pokok Instalasi Sistem Operasi Di Kelas X Pengembangan Perangkat Lunak dan GIM SMK TI Airlangga Samarinda

Samsar, 2023. Pengembangan Media Pembelajaran “ISOTEK” Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Komputasi Materi Pokok Instalasi Sistem Operasi di Kelas X Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim SMK TI Airlangga Samarinda. Skripsi ini dibimbing oleh ibu Dr. Rusdiana, M.Pd selaku pembimbing I dan bapak Ir. Arif Harjanto, S.T. M.Kom. IPM. ASEAN Eng selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengembangan dan (2) pengujian kelayakan “ISOTEK” dengan mata pelajaran Sistem Komputasi materi pokok Instalasi Sistem Operasi di Kelas X Pengembangan Perangkat Lunak & Gim SMK TI Airlangga Samarinda.
Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan yang mengadaptasi desain pembelajaran dengan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni sampai dengan November tahun 2022 di SMK TI Airlangga Samarinda. Subjek penelitian ini yaitu ahli materi, ahli media, dan peserta didik Kelas X Pengembangan Perangkat Lunak & Gim SMK TI Airlangga Samarinda tahun ajaran 2022/2023. Kemudian objek penelitian ini yaitu “ISOTEK”. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Data yang diperoleh dari angket selanjutnya dianalisis untuk mengetahui kelayakan “ISOTEK” yang telah dikembangkan.
Hasil penelitian ini yaitu, pengembangan “ISOTEK” dengan mata pelajaran Sistem Komputasi materi pokok Instalasi Sistem Operasi di Kelas X Pengembangan Perangkat Lunak & Gim SMK TI Airlangga Samarinda. Lalu dilanjutkan dengan pengujian kelayakan yang diperoleh dari ahli materi dengan kategori “Layak”, ahli media dengan kategori “Sangat Layak”, dan Peserta Didik dengan kategori “Layak”.
Berdasarkan hasil uji kelayakan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan “ISOTEK” dengan mata pelajaran Sistem Komputasi materi pokok Instalasi Sistem Operasi di Kelas X Pengembangan Perangkat Lunak & Gim SMK TI Airlangga Samarinda sangat layak digunakan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengembangan Media Pembelajaran "ISOTEK" Berbasis Android pada Mata Pelajaran Sistem Komputasi Materi Pokok Instalasi Sistem Operasi Di Kelas X Pengembangan Perangkat Lunak dan GIM SMK TI Airlangga Samarinda
Pengarang Samsar - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI SAM p 2023
Subyek Media Pembelajaran ISOTEK, Android, RnD
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Komputer
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua