Detail Cantuman Kembali
Kristiadi - Personal Name

Pengaruh Aplikasi Plant Growth Promoting Rhizobacteria Dan Trichoderma sp Terhadap Penyakit Layu Fusarium Pada Tanaman Bawang Merah (Allium cepa L.)

Tujuan penelitian untuk mengetahui efektifitas Plant Growth Promoting Rhizobacteria yang dikombinasikan dengan Trichoderma sp dalam mengendalikan penyakit layu fusarium pada tanaman Bawang Merah (Allium cepa L.). Penelitian dilaksanakan selama 4 bulan terhitung Januari 2020-April 2020. Lokasi bertempat di Loa Janan Ulu, Kutai Kartanegara dan di Laboratorium OECF Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok non-faktoral yang terdiri dari 4 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan yang dilakukan sebagai berikut: kontrol (P0) 0mL PGPR + 0g Trichoderma sp, perlakuan 1 (P1) 100mL PGPR + 10g Trichoderma sp, perlakuan 2 (P2) 150mL PGPR + 20g Trichoderma sp dan perlakuan 3 (P3) 200mL PGPR + 30g Trichoderma sp. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Plant Growth Promoting Rhizobacteria dengan Trichoderma sp dapat menurunkan intensitas penyakit pada tanaman umur 4,5,6 dan 7 minggu setelah tanam dan dapat meningkatkan hasil panen. Respon tanaman Bawang Merah terbaik terdapat pada perlakuan 3 (P3) 200mL PGPR dan 30g Trichoderma sp dengan rata-rata tinggi tanaman 54,76cm dan rata-rata hasil 20,80g

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengaruh Aplikasi Plant Growth Promoting Rhizobacteria Dan Trichoderma sp Terhadap Penyakit Layu Fusarium Pada Tanaman Bawang Merah (Allium cepa L.)
Pengarang Kristiadi - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI KRI p 2023
Subyek Bawang merah
Penyakit Layu Fusarium
Trichoderma sp
Plant Growth Promoting Rhizobacteria
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Agroekoteknologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua