HUBUNGAN PERCAYA DIRI DENGAN KOMUNIKASI INTERPERSOAL SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 40 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2015/2016
Eka Muslimin Ma’rif, 2015: “Hubungan Percaya Diri dengan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VII SMP Negeri 40 Samarinda Tahun Ajaran 2015/2016. Dibawah bimbingan Bapak Drs. Rifai Ilyas, M.Kesselaku pembimbing I dan Bapak Drs. Nicodemus Sere, M.Pdselaku pembimbing II.
Kata Kunci: Percaya Diri, Komunikasi Interpersonal.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada Hubungan Percaya Diri dengan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VII SMP Negeri 40 Samarinda Tahun Ajaran 2015/2016?”.Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan yang positif antara Percaya Diri dengan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VII SMP Negeri 40 Samarinda Tahun Ajaran 2015/2016”.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dimana fokus penelitiannya yaitu Percaya Diri dan Komunikasi Interpersonal siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 40 Samarinda dengan populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 40 Samarinda Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 216 siswa sehingga penulis mengambil sampel populasi, yaitu 70 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Sedangkan metode analisis data yaitu tehnik korelasi product moment, interval dan presentase.
Hasil penelitian ini adalah (1) Percaya Diri siswa kelas VII SMP Negeri 40 Samarinda diperoleh skor kategori Sangat Baik10 (14,3%), Baik18 (25,71%) Cukup34 (48,57%) Tidak Baik 5 (10%) dan Sangat Tidak Baik 1 (1.42%). (2) Komunikasi Interpersonal siswa kelas VII SMP Negeri 40 Samarinda diperoleh skor untuk kategori Sangat Baik10 (14,3%), Baik18 (25,71%) Cukup36 (51,43%) Tidak Baik 5 (10%) dan Sangat Tidak Baik 1 (1.42%). Ada hubungan antara bimbingan pribadi dengan ketaatan terhadap tata tertib siswa kelas VII SMP Negeri 22 Samarinda Tahun Ajaran 2015/2016Percaya Diri dengan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VII SMP Negeri 40 Samarinda Tahun Ajaran 2015/2016. Hal ini dibuktikan dengan korelasi product moment 0,259107325. Ternyata rhitung lebih besar dari pada rtabel (rhitung> rtabel) = 0,259107325 > 0,220. Sehingga Ha menyatakan “terdapat hubungan positif antara Percaya Diri dengan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VII SMP Negeri 40Samarinda” dapat “diterima” yang menunjukan bahwa Percaya Diri sangat mendukung Komunikasi Interpersonal siswa kelas VII SMP Negeri 40 Samarinda Tahun Ajaran 2015/2016.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | HUBUNGAN PERCAYA DIRI DENGAN KOMUNIKASI INTERPERSOAL SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 40 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2015/2016 |
---|---|
Pengarang | EKA MUSLIMIN MA’RIF - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2015 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY