Detail Cantuman Kembali
ASHAR ARSYAD - Personal Name

ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS DESA BATUAH MENGGUNAKAN METODE FUZZY SERVICE QUALITY

Penelitian ini didasari oleh Puskesmas Desa Batuah yang memerlukan informasi mengenai tingkat kepuasan pasien (masyarakat) terhadap pelayanan kesehatan, informasi tersebut dapat dijadikan tolak ukur oleh pihak puskesmas dalam meningkatkan pelayanan kesehatannya. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk memperoleh informasi tersebut adalah metode Fuzzy Secrvice Quality. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada pihak puskesmas dalam mengetahui dan mengukur tingkat kepuasan masyarakat Desa Batuah terhadap pelayanan kesehatan dengan menggunakan metode Fuzzy Service Quality. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode Fuzzy Servqual sebagai proses perhitungannya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah Simple Random Sampling dengan 100 orang akan menjadi responden termasuk pengunjung dan anggota di Puskesmas Desa Batuah. Hasil dari penelitian ini tentang analisis kepuasan pelanggan terhadap pelayanan puskesmas dapat diterapkan dengan metode fuzzy servqual dan menunjukkan hasil bahwa pelayanan yang diberikan oleh pihak puskesmas belum memberikan kepuasan bagi masyarakat yang dibuktikan dengan hasil nilai kesenjangan (GAP) terbesar yang diperoleh pada atribut Tangibles 7 (T7) “Puskesmas memiliki persediaan obat yang dibutuhkan pasien” sebesar -4.67. Urutan kedua adalah atribut reliabilitas 9 (R9) “Masalah kesehatan anda dapat tertangani dengan baik di puskesmas” sebesar -3.67. Layanan pada atribut dan dimensi inilah yang perlu ditingkatkan oleh pihak Puskesmas Desa Batuah. Hasil penilaian dengan metode fuzzy servqual menunjukkan bahwa dari keseluruhan 20 atribut pada pengunjung Puskesmas Desa Batuah yang diberikan masih belum dapat memenuhi harapan di mana nilai kepuasan/persepsi terhadap layanan puskesmas masih rendah daripada nilai kepentingan/ harapan pengunjung puskesmas.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS DESA BATUAH MENGGUNAKAN METODE FUZZY SERVICE QUALITY
Pengarang ASHAR ARSYAD - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ASH a 2023
Subyek Kepuasan Masyarakat
Pelayanan Kesehatan
Fuzzy Service Quality
Puskesmas Desa Batuah
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan INFORMATIKA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua