ANALISIS CAMPUR KODE BAHASA DAYAK TUNJUNG TERHADAP BAHASA INDONESIA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VII SMPN 1 BARONG TONGKOK KABUPATEN KUTAI BARAT
Bahasa merupakan salah satu alat untuk mengadakan interaksi terhadap manusia yang lain. Bahasa tidak dapat dipisahkan dengan manusia. Istilah bilingualisme dalam bahasa Indonesia disebut juga kedwibahasaan. Dari istilahnya secara harfiah sudah dapat dipahami apa yang dimaksud dengan bilingualisme itu, yaitu berkenaan dengan penggunaan dua bahasa atau dua kode bahasa. Menurut hasil obsevasi kondisi di lingkungan SMPN 1 Barong Tongkok antara siswa dan guru masih menggunakan bahasa daerah terkhususnya bahasa daerah Dayak Tunjung. Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan bentuk campur kode dan mendeskripsikan faktor yang melatarbelakangi campur kode bahasa Dayak Tunjung terhadap bahasa Indonesia dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII SMPN 1 Barong Tongkok Kabupaten Kutai Barat. Hasil penelitian menunjukan bentuk campur kode yang terdapat pada penelitian ini yaitu bentuk campur kode berupa kata dan bentuk berupa frasa, sedangkan faktor penyebab campur kode yang terjadi pada penelitian ini yaitu faktor penutur dan faktor bahasa.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | ANALISIS CAMPUR KODE BAHASA DAYAK TUNJUNG TERHADAP BAHASA INDONESIA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VII SMPN 1 BARONG TONGKOK KABUPATEN KUTAI BARAT |
---|---|
Pengarang | RAHEL SILKA GITA RUSADI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI RAH a 2023 |
Subyek | CAMPUR KODE, BENTUK CAMPUR KODE, DAN FAKTOR PENYEB |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY