Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Perkembangan Emosional Siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Samarinda
Game online merupakan metode permainan yang saat ini sedang digandrungi oleh remaja. Masalah yang akan diteliti pada penelitian ini adalah mengenai pengaruh yang dapat ditimbulkan saat kecanduan bermain game online kepada perkembangan emosional siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 3 Samarinda. Dalam skripsi ini akan menggunakan teknik penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik random sampling sebagai teknik pengamilan data dan angket sebagai teknik pengumpulan data. Uji statistik yang akan digunakan dalam skripsi akan mengunakan uji linearitas, uji normalitas, uji autokorelasi, uji analisis regresi linear sederhana, uji koefisien determinasi, uji hipotesis dan juga uji kelayakan model. Setelah dilakukan penelitian didapatkan bahwa data tersebut bersifat linear yang berdistribusi normal dimana tidak terdapat korelasi yang positif maupun negatif dan juga didapatkan bahwa variabel Kecanduan Game Online (X) memiliki pengaruh yang positif dengan aspek yang paling berpengaruh pada variabel ini adalah dari aspek kesehatan yang akan dialami siswa, sedangkan selain itu terdapat faktor lain yang dapat mempengaruhi perkembangan emosional siswa seperti dari faktor internal seperti : usia dan jenis kelamin sedangkan dari faktor eksternal seperti : motivasi, pola asuh, dan lingkungan hidup siswa. Berdasarkan hasil dari uji hipotesis dan juga uji kelayakan model didapatkan kesimpulan bahwa variabel Kecanduan Game Online (X) dapat berpengaruh pada variabel Perkembanagan Emosional Siswa. Saran yang diberikan kepada Guru Bimbingan dan Konseling diharapkan mendapatkan pemahaman kepada siswa mengenai dampak positif dan negatif saat bermain game online; saran yang dapat diberikan kepada peserta didik dapat lebih bijak dalam memilih game online yang akan dimainkan; saran yang dapat diberikan kepada peneliti (Mahasiswa) dapat mengembangkan penelitian yang sudah dilakukan.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Perkembangan Emosional Siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Samarinda |
---|---|
Pengarang | Rahman Ramadianur - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI RAH p 2023 |
Subyek | Kecanduan Game Online, Perkembangan Emosional |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Bimbingan dan Konseling |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY