HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN KEJENUHAN BELAJAR SISWA SELAMA MASA PANDEMI
Penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan kejenuhan belajar selama masa pandemi pada sekolah (Madrasah Aliyah Negeri Balikpapan). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Responden penelitian ini adalah 200 siswa Madrasah Aliyah Negeri Balikpapan yang dipilih denan teknik dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuisioner yang berupa skala kejenuhan belajar dan skala dukungan sosial. Teknik analisa data menggunakan uji analisis korelasi non parametrik Kendall’s Tau_b. Hasil menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif dan signifikan antara dukungan sosial dengan kejenuhan belajar pada siswa selama pembelajaran daring dengan nilai r hitung -0.179 > r tabel 0.139 dan nilai p sebesar = 0.000 < 0.05). Artinya, semakin tinggi dukungan sosial maka semakin rendah kejenuhan belajar, sebaliknya jika dukungan sosial rendah maka semakin tinggi kejenuhan belajar pada siswa. Dukungan sosial memberikan kontribusi pengaruh -17,9 % terhadap kejenuhan belajar pada siswa, sedangkan 82,1 % dukungan sosial yang di alami siswa yang di pengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitan
Ketersediaan
Detail Information
Judul | HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN KEJENUHAN BELAJAR SISWA SELAMA MASA PANDEMI |
---|---|
Pengarang | Rara Qutrunada - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI RAR h 2023 |
Subyek | dukungan sosial, kejenuhan belajar |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | psikologi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY