Detail Cantuman Kembali
ANDRIYANA - Personal Name

Analisis Partisipasi Pemilih di Tengah Pandemi Covid-19 Pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Bontang Tahun 2020

Andriyana, Program Pascasarjana, Magister Administrasi Publik, Konsentrasi Kebijakan Publik. Judul Penelitian : ANALISIS PARTISIPASI PEMILIH DI TENGAH PANDEMI COVID-19 PADA PEMILIHAN WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA BONTANG TAHUN 2020. Penyusunan tesis ini dibimbing oleh Prof. Dr. Hj. Aji Ratna Kusuma, M. Si sebagai Pembimbing I dan Dr. Daryono, M.Si, Ph.D sebagai Pembimbing II.
Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bontang tahun 2020 yang dilaksanakan di tengah kondisi pandemi dikhawatirkan akan menyebabkan rendahnya partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak suaranya. Berdasarkan hal itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi serta faktor-faktor yang menjadi penghambat dalam pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bontang tahun 2020, khususnya yang dilaksanakan di Kelurahan Gunung Elai, Kelurahan Satimpo, dan Kelurahan Belimbing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan data yang dikumpulkan melalui wawancara terhadap informan maupun melalui tinjauan literatur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pandemi telah mempengaruhi kondisi pemilihan di Kelurahan Gunung Elai, Kelurahan Satimpo, dan Kelurahan Belimbing. Berbagai upaya yang dilakukan oleh KPU Bontang tampaknya masih belum mampu mengatasi dampak pandemi terhadap partisipasi pemilih pada rangkaian pemilihan di Kota Bontang. Selanjutnya, penelitian ini juga memperoleh hasil bahwa secara garis besar terdapat dua faktor yang menjadi penghambat partisipasi pemilih di Kelurahan Gunung Elai, Kelurahan Satimpo, dan Kelurahan Belimbing. Dalam hal ini meliputi faktor internal yakni sikap yang dimiliki oleh masyarakat, hilangnya kepercayaan masyarakat terhadap figur calon politik, dan faktor-faktor teknis. Sementara itu, faktor eksternal meliputi faktor kebijakan yang diberikan oleh tempat kerja, faktor administrasi, kurangnya sosialisasi politik, dan faktor pandemi itu sendiri.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Analisis Partisipasi Pemilih di Tengah Pandemi Covid-19 Pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Bontang Tahun 2020
Pengarang ANDRIYANA - Personal Name
No. Panggil TESIS AND a 2023
Subyek partisipasi pemilih, pemilihan, pandemi
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan Magister Ilmu Administrasi Negara
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua