Detail Cantuman Kembali
Krismonika Alia Sutra - Personal Name

Peran Kepala Sekolah sebagai Supervisor dalam Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru PPKn di SMP Negeri 4 Samarinda

Krismonika Alia Sutra, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman, Peran Kepala Sekolah sebagai Supervisor dalam Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru PPKn di SMP Negeri 4 Samarinda.Bapak Prof. Dr. Warman, M.Si selaku pembimbing I dan Bapak Dr. M. Jamil., M.AP selaku pembimbing II.
Tujuan penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam peningkatan kompetensi pedagogik guru PPKn, untuk mendeskripsikan faktor yang mendukung dan menghambat yang dihadapi kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi guru .
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 4 Samarinda dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, sumber data primer sebanyak 6 orang. Teknik analisis data yaitu pengumpulan, reduksi data, penyajian data dan menyimpulkan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran Kepala Sekolah sebagai Supervisor dalam Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru di SMP Negeri 4 Samarinda telah berjalan dengan baik dikarenakan kepala sekolah sudah mengarahkan dan membimbing serta mensupervisi para guru untuk menjadi pendidik yang baik guna melahirkan generasi yang baik pula, faktor yang mendukung dalam pelaksanaan supervisi adanya guru-guru yang siap membantu dan faktor yang menjadi hambatan kepala sekolah dirasa tidak ada dikarenakan telah dibimbing sejak awal guna menjadi pendidik yang disiplin dan profesional.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Peran Kepala Sekolah sebagai Supervisor dalam Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru PPKn di SMP Negeri 4 Samarinda
Pengarang Krismonika Alia Sutra - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI KRI p 2023
Subyek Peran Kepala Sekolah,
Kompetensi Pedagogik, Supervisi
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua