Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Aspek Kognitif TIMSS pada Turunan Fungsi Aljabar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 10 Samarinda Tahun Ajaran 2021/2022
Ince Elza Fauzia, 2023. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Aspek Kognitif TIMSS pada Turunan Fungsi Aljabar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 10 Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan MIPA, FKIP, Universitas Mulawarman. Dibimbing oleh Dr. H. PM. Labulan, M.Pd dan Auliaul Fitrah Syamsuddin, S.Pd, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika materi pokok turunan fungsi aljabar siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 10 Samarinda tahun ajaran 2021/2022 berdasarkan aspek kognitif TIMSS. Pelaksanaan penelitian ini pada bulan Juni 2022. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 10 Samarinda yang berjumlah 63 siswa dan objek penelitian adalah kemampuan pemecahan masalah berdasarkan aspek kognitif TIMSS di kelas XI. Adapun instrumen penelitian terdiri dari tes tertulis dan wawancara. Teknik analisis data terdiri dari mentranskip data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 63 siswa diperoleh 35 siswa atau 55,55% berada pada kategori berkemampuan rendah, 16 siswa atau 25,40% berada pada kategori berkemampuan sedang, dan 12 siswa atau 19,05% berada pada kategori berkemampuan tinggi. Siswa berkemampuan tinggi sudah melewati fasefase yang ada pada aspek pengetahuan dan penerapan dengan baik. Namun pada aspek penalaran kedua siswa yang menjadi subjek tidak mengalami fase mengevaluasi namun melewati fase lainnya dengan baik pada aspek penalaran. Siswa berkemampuan sedang sudah melewati aspek pengetahuan dan penerapan dengan baik. Namun aspek penalaran siswa dengan kategori sedang kebanyakan hanya dapat mengalamai fase analisis, fase menghubungkan, dan fase kesimpulan saja. Sedangkan pada siswa berkemampuan rendah sudah melewati aspek pengetahuan dengan baik. Namun pada aspek penerapan dan aspek penalaran masih banyak fase yang belum terjadi. Sehingga berdasarkan aspek kognitif TIMSS, kemampuan pemcecahan masalah matematika kelas XI MIPA SMA Negeri 10 Samarinda berada pada kategori berkemampuan rendag atau pemecah masalah kurang berpengalaman.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Aspek Kognitif TIMSS pada Turunan Fungsi Aljabar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 10 Samarinda Tahun Ajaran 2021/2022 |
---|---|
Pengarang | INCE ELZA FAUZIA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI INC k 2023 |
Subyek | Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika timss Aspek Kognitif |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Matematika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY