Detail Cantuman Kembali

Strategi Pengembangan Dalam Meningkatkan Daya Tarik Wisata Pada Pantai Manggar Segara Sari Di Kota Balikpapan

Pantai Manggar Segara Sari Balikpapan merupakan destinasi wisata bahari yang berlangsung di wilayah pesisir pantai atau laut, jumlah pengunjung sejak tahun 2019 - 2022 mengalami penurunan karena masih banyak kekurangan dan kelemahan dalam pengembangan objek ini. Oleh karena itu di butuhkan strategi pengembangan pariwisata dalam meningkatkan daya tarik wisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengeidentifikasi strategi pengembangan serta menganalisa faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam mengembangkan potensi daya tarik wisata Pantai Manggar Segara Sari Balikpapan.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik purposive sampling untuk pengambilan sample sumber datanya. Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata & Ketua Kelompok Sadar Wisata bertindak sebagai key informan sedangkan pengunjung bertindak sebagai informan penelitian. Data yang diperoleh dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi untuk kemudian akan dianalisis dengam model interakttif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pengembangan dalam meningkatkan daya tarik wisata pada pantai manggar segara sari di kota balikpapan telah di lakukan oleh pengelola dalam pengembangan daya tarik wisata yang meliputi attraction, amenities, accessbilities dan adapun hospitality yang masih dalam membutuhkan pembinaan dan bimbingan. Dukungan dari pemerintah kota, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, UPTD Pantai Manggar Dan CSR merupakan faktor pendukung dalam pengembangan Pantai Manggar Segara Sari Balikpapan, sedangkan faktor penghambat adalah kurangnya SDM dan Anggaran dalam pengembangan wisata ini.
Pengelola Pantai Manggar Segara Sari Balikpapan di harapkan dapat memperhatikan pengembangan wisata dengan memberikan fasilitas yang lebih untuk pengunjung dan untuk mengatasi faktor penghambat, pengelola dapat membangun daya tarik wisata salah satunya dengan membangun vila, penambahan wahana permainan serta penambahan sdm agar daya tarik wisata bisa memenuhi apa yang di mau oleh pengunjung Pantai Manggar.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Strategi Pengembangan Dalam Meningkatkan Daya Tarik Wisata Pada Pantai Manggar Segara Sari Di Kota Balikpapan
Pengarang Indah Permatasari Silalahi - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI IND s 2022
Subyek Strategi Pengembangan
Daya Tarik Wisata
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan Administrasi Bisnis Konsentrasi Pariwisata & Bisnis Hospitality
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua