Detail Cantuman Kembali
Sherina Putri - Personal Name

PENGARUH PENAMBAHAN LISIN PADA PAKAN BUATAN TERHADAP KELANGSUNGAN HIDUP DAN PERTUMBUHAN BENIH IKAN BAUNG (Hemibagrus nemurus)

Ikan baung (Hemibagrus nemurus) merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Namun, penyediaan ikan baung ukuran konsumsi dari hasil budidaya masih tergolong rendah, karena terkendala pada pertumbuhan benih ikan baung yang lambat. Salah satu upaya untuk meningkatkan pertumbuhan pada benih ikan baung adalah dengan menambahkan lisin pada pakan buatan. Manfaat lisin sebagai bahan pakan tambahan di dalam pakan yaitu untuk meningkatkan kualitas pakan dan mempercepat pertumbuhan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menentukan dosis optimal penambahan lisin pada pakan buatan terhadap kelangsungan hidup, pertumbuhan, rasio konversi pakan, dan efisiensi pemanfaatan pakan benih ikan baung (Hemibagrus nemurus). Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) yang terdiri dari empat perlakuan dan tiga ulangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengaplikasikan lisin pada pakan buatan dengan dosis berbeda yaitu 0% , 1%, 2%, dan 3% per berat pakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan lisin pada pakan buatan berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan panjang total, pertumbuhan berat mutlak dan laju pertumbuhan spesifik, serta rasio konversi pakan, dan efisiensi pakan (P0,05). Pertumbuhan panjang total, pertumbuhan berat mutlak dan laju pertumbuhan spesifik, serta rasio konversi pakan dan efisiensi pakan tertinggi terdapat pada penambahan lisin 2%.
Kata Kunci : Ikan Baung (Hemibagrus nemurus), Lisin, Kelangsungan Hidup, Pertumbuhan, Rasio Konversi Pakan, Efisiensi Pakan

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH PENAMBAHAN LISIN PADA PAKAN BUATAN TERHADAP KELANGSUNGAN HIDUP DAN PERTUMBUHAN BENIH IKAN BAUNG (Hemibagrus nemurus)
Pengarang Sherina Putri - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI SHE p 2023
Subyek Pertumbuhan
Ikan Baung (Hemibagrus nemurus)
Lisin, Kelangsungan Hidup,
Rasio Konversi Pakan,
Efisiensi Pakan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit
Jurusan akuakultur
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua