Detail Cantuman Kembali
Annisa Mukarramah - Personal Name

Pengaruh Suplementasi Ekstak Umbi Sarang Semut (Myrmecodia sp.) Terhadap Pertumbuhan, Profil dan Biokimia Darah Ikan Lele Sangkuriang (Clarias gariepinus)

Ikan lele sangkuriang (Clarias gariepinus) merupakan salah satu komoditas ikan air tawar yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat karena merupakan salah satu ikan konsumsi yang digemari. Penggunaan ekstrak tanaman umbi sarang semut (Myrcomedia sp.) digunakan dalam campuran pakan ikan lele sangkuriang dinilai dapat mengoptimalkan nutrisi pada pakan untuk pertumbuhan ikan lele sangkuriang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberian ekstrak umbi sarang semut dengan konsentrasi 0,25g/kg, 0,5g/kg, 1g/kg, dan 2g/kg terhadap pertumbuhan dan profil darah serta biokimia ikan lele. Pada penelitian ini digunakan 4 perlakuan dengan konsentrasi ekstrak yang berbeda dan satu perlakuan kontrol. Penelitian dilakukan selama 56 hari dengan pemberian pakan ekstrak sebanyak 3 kali sehari. Pengamatan pertumbuhan dilakukan setiap 2 minggu dan pengukuran profil darah dan biokimia serum darah dilakukan pada akhir penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa pemberian ekstrak umbi sarang semut yang ditambahkan pada pakan ikan lele dengan konsentrasi yang tepat dapat meningkatkan pertumbuhan, profil darah dan biokimia darah ikan lele. Pemberian ekstrak umbi sarang semut sebanyak 1g/kg dapat meningkatkan pertambahan berat badan (BWG), rata-rata berat mingguan (AWG), laju pertumbuhan spesifik (SGR), rasio konversi pakan (FCR), efesiensi pakan (FE), dan kelulus hidupan (SR) ikan lele sangkuriang. Pemberian ekstrak umbi sarang semut sebanyak 1g/kg juga berpengaruh signifikan. Sedangkan untuk pengukuran biokimia serum ikan lele dapat meningkatkan kadar kolesterol dan trigliserida ikan lele sangkuriang.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengaruh Suplementasi Ekstak Umbi Sarang Semut (Myrmecodia sp.) Terhadap Pertumbuhan, Profil dan Biokimia Darah Ikan Lele Sangkuriang (Clarias gariepinus)
Pengarang Annisa Mukarramah - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ANN p 2023
Subyek Pertumbuhan
serum
Ikan lele sangkuriang
pakan
profil darah
umbi sarang semut
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan Biologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua