Detail Cantuman Kembali
Reski Rara Rante - Personal Name

Pengelolaan Pajak Parkir di Dalam Mall Oleh Badan Pendapatan Daerah (BAPENDA) Kota Samarinda (Studi Kasus Mall Samarinda Square)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan mengenai pengelolaan pajak parkir di dalam Mall Oleh Badan Pendapatan Daerah Kota Samarinda dan untuk mendiskripsikan faktor penghambat pengelolaan pajak parkir di dalam Mall. Jenis penelitian yang digunakan adalah dekriptif kualitatif. Fokus penelitian adalah pengelolaan pajak parkir yang terbagi menjadi 4 sub fokus yaitu 4 fungsi manajemen. Kemudian faktor penghambat dari pengelolaan pajak parkir tersebut. Sumber data dalam penelitian yaitu data primer dari key informan yaitu Kepala Sub Bidang Pajak Hiburan dan Lahan Parkir Bapenda Kota Samarinda serta informan yaitu pengelola Mall Samarinda Square, Divisi Parkir Samarinda Square, GM Big Mall Samarinda, GM Mall Plaza Mulia, dan juga pengunjung Mall. Data sekunder berupa literatur, jurnal, artikel, dan situs internet yang berkenaan dengan penelitian yang dilakukan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi. Kesimpulan dalam pengelolaan pajak parkir di dalam Mall oleh Bapenda Kota Samarinda, yaitu jika dilihat berdasarkan 4 fungsi manajemen yaitu perencanaan yang dilkukan oleh Bapenda yaitu berupa beberapa strategi yang telah dilaksanakan yaitu mencari potensi pajak, melakukan pendekatan dengan wajib pajak, melakukan tugas berdasarkan Perda yang ada, serta melakukan evaluasi kembali. Pengorganisasian untuk kegiatan pencatatan dilakukan oleh pihak mall kemudian Bapenda yang akan melakukan monitoring serta evaluasi yang dilakukan oleh tim dan staff. Actuating dalam memotivasi bawahan seorang pemimpin mengarahkan bawahan untukmemiliki kreativitas, amanah dan jujur dalam bekerja. Pengendalian dalam hal ini Bapenda tidak sendiri dalam mengontrol bawahan agar bekerja dengan jujur dan amanah namun ada lembaga lain yaitu berupa lembaga pengawas (inspektorat) yang bekerja sama dengan Bapenda. Dari keseluruhan fungsi tersebut sudah cukup baik dilaksanakan oleh Bapenda namun memang ada beberapa faktor penghambat yang terjadi sehingga menyebabkan kurang maksimalnya pengelolaan pajak parkir di dalam Mall, faktor tersebut berupa faktor internal dan eksternal, kemudian faktor penghambat lainnya adanya pandemi covid-19 yang merupakan salah satu faktor peenghambatnya.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengelolaan Pajak Parkir di Dalam Mall Oleh Badan Pendapatan Daerah (BAPENDA) Kota Samarinda (Studi Kasus Mall Samarinda Square)
Pengarang Reski Rara Rante - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI RES p 2022
Subyek Pengelolaan, Parkir di Dalam Mall
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan Administrasi Publik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua