HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL DENGAN KEJENUHAN BELAJAR SELAMA PEMBELAJARAN DARING PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI SAMARINDA
Sistem pembelajaran daring meningkatkan kejenuhan belajar yang tinggi pada siswa karena metode belajar yang monoton hanya terpaku pada layar gadget. Rasa jenuh tersebut dapat diatasi jika siswa memiliki interaksi sosial yang baik dengan teman sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik ada atau tidaknya hubungan interaksi sosial dengan kejenuhan belajar selama masa pembelajaran daring pada siswa SMA Negeri di Samarinda yang dirancang menggunakan uji hubunganonal. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 160 siswa yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala kejenuhan belajar dan skala interaksi sosial. Teknik analisis data menggunakan uji hubungan Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara interaksi sosial dengan kejenuhan belajar selama pembelajaran daring. Artinya semakin tinggi interaksi sosial, maka semakin rendah kejenuhan belajar pada siswaSMA Negeri di Kota Samarinda. Siswa akan mampu mencapai performa akademik yang baik karena menemukan hal yang menyenangkan dalam proses belajar yaitu adanya interaksi sosial.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL DENGAN KEJENUHAN BELAJAR SELAMA PEMBELAJARAN DARING PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | Raisha Salsabila - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI RAI h 2023 |
Subyek | Kejenuhan belajar, interaksi sosial |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | Psikologi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY