Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum di SMP Negeri 24 Samarinda
Penelitian ini berfokus pada kemampuan numerasi siswa dalam mengerjakan soal asesmen kompetensi minimum. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan numerasi siswa dalam mengerjakan soal Asesmen Kompetensi Minimum berdasarkan level kognitif Asesmen Kompetensi Minimum di SMP Negeri 24 Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode deksriptif kuantitatif. Kemampuan yang dimiliki siswa dinyatakan dalam bentuk nilai angka. kemudian dideskripsikan sehingga dapat ditarik kesimpulan.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2022. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 24 Samarinda yang berjumlah 45 siswa. sedangkan objek penelitian ini adalah kemampuan numerasi siswa dalam mengerjakan soal Asesmen Kompetensi Minimum berdasarkan level kognitif Asesmen Kompetensi Minimum. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis berbentuk isian singkat yang mencangkup 5 butir soal level knowing. 5 butir soal level applying dan 5 butir soal reasoning. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif, yaitu menentukan nilai rata rata dari hasil tes soal Asesmen Kompetensi Minimum.
Hasil penelitian menunjukkan pada level knowing (pemahaman) dalam kategori sedang dengan persentase siswa sebanyak 91%, pada level applying (penerapan) dalam kategori rendah dengan persentase siswa sebanyak 73.33% dan pada level reasoning (penalaran) dalam kategori rendah dengan persentase siswa sebanyak 93.33%
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum di SMP Negeri 24 Samarinda |
---|---|
Pengarang | Muhammad Daffa Mubarak - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI MUH a 2023 |
Subyek | Analisis Kemampuan Numerasi AKM Siswa SMP |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Matematika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY