Pengaruh Dukungan Sosial terhadap Stres Akademik pada Mahasiswa di Masa Peralihan Perkuliahan Daring ke Luring
Fenomena peralihan sistem perkuliahan daring ke luring membuat mahasiswa harus beradaptasi lagi. Mahasiswa yang belum beradaptasi menjalani peralihan sistem perkuliahan dapat menimbulkan permasalahan psikologis salah satunya yaitu stres akademik. Stres akademik yang tidak mampu diregulasi oleh mahasiswa akibat tuntutan akademik berdampak pada kognitif, afeksi, fisiologis, dan tingkah lakunya. Salah satu faktor yang dapat memengaruhi stres akademik pada mahasiswa yakni dukungan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial terhadap stres akademik pada mahasiswa di masa peralihan perkuliahan daring ke luring. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 111 mahasiswa Universitas Mulawarman yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan skala stres akademik dan dukungan sosial. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil penelitian bahwa tidak terdapat pengaruh negatif dukungan sosial terhadap stres akademik pada mahasiswa di masa peralihan perkuliahan daring ke luring dengan nilai koefisien beta (β) = -0.062, t hitung = -0.653 < t tabel = 1.659, p = 0.515 > 0.05, dan memiliki kontribusi pengaruh (R2) sebesar 0.4%.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Dukungan Sosial terhadap Stres Akademik pada Mahasiswa di Masa Peralihan Perkuliahan Daring ke Luring |
---|---|
Pengarang | HAM Erick Rivaldi Hariyanto - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI HAM p 2023 |
Subyek | stres akademik, dukungan sosial, peralihan perkuliahan daring ke luring |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | Psikologi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY