Detail Cantuman Kembali
Ajeng Dwi Setia Ningrum - Personal Name

Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Produksi Dan Pendapatan Usahatani Tomat (Lycopersicum esculentum Mill.) Di Dusun Sukorejo Kelurahan Lempake Kecamatan Samarinda Utara

AJENG DWI SETIA NINGRUM. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Produksi dan Pendapatan Usahatani Tomat di Dusun Sukorejo Kelurahan Lempake Kecamatan Samarinda Utara. Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman 2022. (dibawah bimbingan Nella Naomi Duakaju dan Tetty Wijayanti).
Dampak Pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak pada perekonomian masyarakat namun berdampak pula pada sektor pertanian salah satunya pada petani tanaman tomat. Komoditas ini memiliki nilai ekonomis yang tinggi, tidak hanya buahnya yang dapat dikonsumsi tetapti jika dikembangkan dalam suatu sistem usahatani yang komersial dapat meningkatkan pendapatan petani.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Produksi Dan Pendapatan Usahatani Tomat Di Dusun Sukorejo Kelurahan Lempake Kecamatan Samarinda Utara. Penelitian ini dilakukan di Dusun Sukorejo dari bulan April sampai bulan Juni2022. Metode pengambilan sampel dilakukan untuk petani yang aktif dalam 2 tahun terakhir dengan metode simple random sampling method. Metode analisis yang digunakan adalah analisis pendapatan dan uji Paired Sample T-Test.
Penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata produksi usahatani sebelum pandemi covid-19 dan saat pandemi covid-19 selama satu musim tanam sebesar 2.806 kg responden-1 mt-1 ha-1 dan 2.976 kg responden-1 mt-1 ha-1 . Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa besarnya rata-rata pendapatan usahatani tomat sebelum pandemi covid-19 dan saat pandemi covid-19 selama satu musim tanam sebesar Rp 14.366.676,47 responden-1 mt-1 ha-1 dan Rp 19.366.618,65 responden-1 mt-1 ha-1 . Hasil uji beda menyatakan bahwa perbandingan hasil produksi usahatani tomatsebelum pandemi covid-19 dan saat pandemi covid-19 adalah nilai thitung > ttabel yaitu -5,198 > 1,692 sehingga H0 diterima dan H1 ditolak dan hasil perbandinganpendapatan usahatani tomat sebelum pandemi covid-19 dan saat pandemi covid-19adalah nilai thitung > ttabel yaitu 9,474 > 1,692 sehingga H0 diterima dan H1 ditolak.
Hal ini berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan dari dampak pandemi covid-19 terhadap produksi maupun pendapatan usahatani tomat di Dusun Sukorejo Kelurahan Lempake Kecmatan Samarinda Utara.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Produksi Dan Pendapatan Usahatani Tomat (Lycopersicum esculentum Mill.) Di Dusun Sukorejo Kelurahan Lempake Kecamatan Samarinda Utara
Pengarang Ajeng Dwi Setia Ningrum - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI AJE d 2023
Subyek Covid-19, Produksi, Pendapatan, Usahatani Tomat
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Agribisnis
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua