HUBUNGAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DENGAN PEMBELIAN IMPULSIF PRODUK KECANTIKAN SECARA ONLINE PADA REMAJA PUTRI DI SAMARINDA SELAMA MASA PANDEMI COVID-19
Dampak pandemi covid-19 menyebabkan tingginya penggunakan smartphone sehingga banyak remaja putri yang melakukan pembelian impulsif produk kecantikan. Pembelian produk tersebut tidak lepas dari rayuan teman sebaya untuk membeli produk yang sama agar terlihat menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan konformitas teman sebaya dengan pembelian impulsif pada remaja puteri di Samarinda. Subjek penelitian ini adalah 100 remaja puteri di Samarinda menggunakan teknik random sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala pembelian impulsive dan konformitas teman sebaya. Hasil uji validitas skala pembelian impulsif dan skala konformitas teman sebaya didapatkan dari nilai r hitung > 0.300 yaitu masing-masing terdapat 18 dan 15 butir yang valid, kemudian hasil perhitungan uji reliabilitas menghasilkan nilai alpha > 0.600 yang berarti kedua skala dinyatakan reliabel. Tekni Analisa data menggunakan analisis Kendal’s Tau menghasilkan nilai r hitung < r tabel (0.190 < 0.197) dan p = 0.008. Hasil perhitungan tersebut menunjukan adanya hubungan positif antara konformitas teman sebaya dengan pembelian impulsif pada remaja puteri di Samarinda.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | HUBUNGAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DENGAN PEMBELIAN IMPULSIF PRODUK KECANTIKAN SECARA ONLINE PADA REMAJA PUTRI DI SAMARINDA SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 |
---|---|
Pengarang | Ghea Vembi Cevaranie Pramujie - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI GHE h 2023 |
Subyek | pandemi pembelian impulsif konformitas teman sebaya remaja putri |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | Psikologi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY