Detail Cantuman Kembali
CHUSNAH SUSANTI - Personal Name

Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Media Online Schoology Dengan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SMKN 19 Samarinda

Chusnah Susanti, 2021 “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Media Online Schoology Dengan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Smkn 19 Samarinda” Pembimbing : (I) Prof. Dr. Lambang Subagiyo, M.Si (II) Dr. Elsje Theodora Maasawet, M. Pd
Salah satu jalur utama dalam upaya mempersiapkan generasi muda untuk menyambut dan menghadapi perkembangan zaman yang semakin kompetitif yaitu melalui pendidikan. Upaya yang dapat dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan pendidikan saat ini yaitu dengan mengembangkan bahan ajar yang berbasis media online schoology. Melalui media pembelajaran yang tepat sehingga dapat membantu persepsi menjadi lebih efektif dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan dan keefektifan Bahan Ajar Berbasis Media Online Schoology Dengan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 19 Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan R&D (research and development) yang terdiri atas tahapan analisis potensi dan masalah, pengumpulan data dan informasi, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba lapangan (skala kecil), revisi hasil uji coba, uji coba lapangan (skala besar), analisis data dan pelaporan. Kevalidan media memperoleh persentase dari validator sebesar 88,91% dengan kategori sangat baik. Kepraktisan media pembelajaran diperoleh dari respon siswa dengan perolehan persentase pada skala kecil 83,65% dan pada skala besar 88,01% dengan kategori sangat baik. Subjek penelitian terdiri atas 30 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa media efektif meningkatkan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari rata skor N-Gain pada kelas ATPH 1 0,78 dan kelas ATPH 2 0,79 dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan kevalidan, kepraktisan dan efektifan Bahan Ajar Berbasis Media Online Schoology Dengan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 19 Samarinda yang dikembangkan maka produk tersebut dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran pada materi ekosistem.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Media Online Schoology Dengan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SMKN 19 Samarinda
Pengarang CHUSNAH SUSANTI - Personal Name
No. Panggil TESIS CHU p 2021
Subyek Pengembangan, Bahan Ajar,
Aplikasi Schoology, Hasil Belajar
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Magister pendidikan biologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua