Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Media Online Schoology Dengan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SMKN 19 Samarinda
Chusnah Susanti, 2021 “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Media Online Schoology Dengan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Smkn 19 Samarinda” Pembimbing : (I) Prof. Dr. Lambang Subagiyo, M.Si (II) Dr. Elsje Theodora Maasawet, M. Pd
Salah satu jalur utama dalam upaya mempersiapkan generasi muda untuk menyambut dan menghadapi perkembangan zaman yang semakin kompetitif yaitu melalui pendidikan. Upaya yang dapat dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan pendidikan saat ini yaitu dengan mengembangkan bahan ajar yang berbasis media online schoology. Melalui media pembelajaran yang tepat sehingga dapat membantu persepsi menjadi lebih efektif dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan dan keefektifan Bahan Ajar Berbasis Media Online Schoology Dengan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 19 Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan R&D (research and development) yang terdiri atas tahapan analisis potensi dan masalah, pengumpulan data dan informasi, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba lapangan (skala kecil), revisi hasil uji coba, uji coba lapangan (skala besar), analisis data dan pelaporan. Kevalidan media memperoleh persentase dari validator sebesar 88,91% dengan kategori sangat baik. Kepraktisan media pembelajaran diperoleh dari respon siswa dengan perolehan persentase pada skala kecil 83,65% dan pada skala besar 88,01% dengan kategori sangat baik. Subjek penelitian terdiri atas 30 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa media efektif meningkatkan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari rata skor N-Gain pada kelas ATPH 1 0,78 dan kelas ATPH 2 0,79 dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan kevalidan, kepraktisan dan efektifan Bahan Ajar Berbasis Media Online Schoology Dengan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 19 Samarinda yang dikembangkan maka produk tersebut dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran pada materi ekosistem.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Media Online Schoology Dengan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SMKN 19 Samarinda |
---|---|
Pengarang | CHUSNAH SUSANTI - Personal Name |
No. Panggil | TESIS CHU p 2021 |
Subyek | Pengembangan, Bahan Ajar, Aplikasi Schoology, Hasil Belajar |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Magister pendidikan biologi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY