Perbedaan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Powtoon dan Powerpoint Pada Materi Statistika di Kelas VII
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian quasi experimental design dengan menggunakan jenis penelitian the nonequivalent pretest-posttest control group design yang bertujuan apakah terdapat perbedaan rata-rata hasil hasil belajar matematika antara siswa yang diajar menggunakan media pembelajaran matematika berbasis powtoon dan siswa yang diajar menggunakan media powerpoint.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 9 Samarinda yang berjumlah 181 orang siswa pada tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling purposive, sehingga sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas VII C, VII D, VII E, dan VII F yang masingmasing kelas sebanyak 30 orang siswa.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis yang terdiri dari 5 soal uraian dengan skor maksimal 100 yang digunakan sebagai acuan dalam pengolahan data untuk mengetahui kemampuan awal siswa (pretes) sebelum diberi perlakuan dan kemampuan akhir siswa (posttest) sesudah diberi perlakuan yang menggunakan media pembelajaran powtoon dan media powerpoint dan angket (kuesioner) yang terdiri dari 17 butir pernyataan dengan menggunakan skala likert yang digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media video pembelajaran berbasis powtoon.
Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dengan uji t untuk dua sampel independen yang menggunakan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil analisis deskriptif data memperoleh skor ratarata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media video pembelajaran berbasis powtoon yaitu 79,63 dan skor rata – rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media powerpoint yaitu 74,38.
Kemudian, berdasarkan hasil analisis inferensial yaitu uji t untuk dua sampel independen menunjukan bahwa terdapat perbedaan skor rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan media video pembelajaran berbasis powtoon dengan siswa yang diajar menggunakan media powerpoint.
Kata Kunci : Perbedaan, Hasil belajar matematika, Media Pembelajaran, Powerpoint, Powtoon.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Perbedaan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Powtoon dan Powerpoint Pada Materi Statistika di Kelas VII |
---|---|
Pengarang | Maria Marsela - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI MAR p 2023 |
Subyek | Hasil Belajar Matematika Media Pembelajaran Perbedaan Powtoon Powerpoint |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY