Detail Cantuman Kembali
Maria Marsela - Personal Name

Perbedaan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Powtoon dan Powerpoint Pada Materi Statistika di Kelas VII

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian quasi experimental design dengan menggunakan jenis penelitian the nonequivalent pretest-posttest control group design yang bertujuan apakah terdapat perbedaan rata-rata hasil hasil belajar matematika antara siswa yang diajar menggunakan media pembelajaran matematika berbasis powtoon dan siswa yang diajar menggunakan media powerpoint.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 9 Samarinda yang berjumlah 181 orang siswa pada tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling purposive, sehingga sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas VII C, VII D, VII E, dan VII F yang masingmasing kelas sebanyak 30 orang siswa.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis yang terdiri dari 5 soal uraian dengan skor maksimal 100 yang digunakan sebagai acuan dalam pengolahan data untuk mengetahui kemampuan awal siswa (pretes) sebelum diberi perlakuan dan kemampuan akhir siswa (posttest) sesudah diberi perlakuan yang menggunakan media pembelajaran powtoon dan media powerpoint dan angket (kuesioner) yang terdiri dari 17 butir pernyataan dengan menggunakan skala likert yang digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media video pembelajaran berbasis powtoon.
Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dengan uji t untuk dua sampel independen yang menggunakan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil analisis deskriptif data memperoleh skor ratarata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media video pembelajaran berbasis powtoon yaitu 79,63 dan skor rata – rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media powerpoint yaitu 74,38.
Kemudian, berdasarkan hasil analisis inferensial yaitu uji t untuk dua sampel independen menunjukan bahwa terdapat perbedaan skor rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan media video pembelajaran berbasis powtoon dengan siswa yang diajar menggunakan media powerpoint.
Kata Kunci : Perbedaan, Hasil belajar matematika, Media Pembelajaran, Powerpoint, Powtoon.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Perbedaan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Powtoon dan Powerpoint Pada Materi Statistika di Kelas VII
Pengarang Maria Marsela - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MAR p 2023
Subyek Hasil Belajar Matematika
Media Pembelajaran
Perbedaan
Powtoon
Powerpoint
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN MATEMATIKA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua