Detail Cantuman Kembali

Analisis Pendapatan Usahatani Lada Varietas Malonan-1 di Desa Tani Harapan Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara (Studi Kasus: Kelompok Tani Peduli Lingkungan)

Lada merupakan salah satu komoditi ekspor di subsektor perkebunan yang dapat memberikan kontribusi bagi devisa Indonesia. Desa Tani Harapan merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara yang mengusahakan tanaman lada. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui biaya produksi, biaya penerimaan, pendapatan dan tingkat keuntungan pada usahatani lada di Desa Tani Harapan Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa usahatani lada di Desa Tani Harapan Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara memperoleh rata-rata biaya produksi sebesar Rp.10.154.731,43,-/tahun/responden dengan rata-rata penerimaan sebesar Rp.39.690.000,00,-/tahun/responden. Sehingga rata-rata pendapatan total yang diterima petani ialah sebesar Rp.29.420.468,57,-/tahun/responden. Tingkat
kelayakan usahatani lada di Desa Tani Harapan Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara menunjukkan bahwa hasil R/C ratio usahatani lada sebesar 3,86, yang menunjukkan usahatani lada di tempat penelitian menguntungkan dengan R/C ratio > 1.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Analisis Pendapatan Usahatani Lada Varietas Malonan-1 di Desa Tani Harapan Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara (Studi Kasus: Kelompok Tani Peduli Lingkungan)
Pengarang FEBRIYANA VELIN WIJAYANTI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI FEB p 2023
Subyek Analisis Pendapatan Usahatani
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan AGRIBISNIS
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua