Detail Cantuman Kembali
Maulida Julianti - Personal Name

Evaluasi Sensoris Keripik Singkong (Manihot Utilissima) dengan Penambahan Bubuk Daun Salam (Syzygium Polyanthum)

MAULIDA JULIANTI. Evaluasi Sensoris Keripik Singkong (Manihot utilissima) dengan Penambahan Bubuk Daun Salam (Syzygium polyanthum). Fakultas Pertanian. Universitas Mulawarman, 2022. (Dibawah bimbingan Anton Rahmadi dan Maulida Rachmawati)
Pengolahan keripik singkong dengan penambahan bubuk daun salam menjadi sebuah inovasi makanan berupa cemilan yang memiliki manfaat memperpanjang masa simpan, meningkatkan harga jual dan memanfaatkan sumberdaya alam lokal berupa singkong gajah dan daun salam. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penambahan bubuk daun salam pada keripik singkong terhadap sifat sensoris keripik singkong dengan penambahan bubuk daun salam.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen, menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan. Konsentrasi bubuk daun salam yang digunakan adalah 0, 1, 2, 3 dalam satuan gram. Parameter yang diuji pada penelitian ini adalah sifat sensoris (hedonik dan mutu hedonik). Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan sidik ragam (ANOVA). Jika terdapat perbedaan yang nyata, maka akan dilanjutkan dengan uji Tukey pada taraf α 5%.
Hasil penelitian dengan skala hedonik warna 2,3 - 2,9, aroma 2,2 - 3,0, rasa 2,4 – 2,6, tekstur 2,3 – 3,0, mutu hedonik tekstur 2,4 – 2,8. Skala mutu hedonik warna 1,0 - 3,8, aroma 1,1 – 3,6, rasa 1,0 – 3,5. Hasil penelitian menunjukan penambahan bubuk daun salam pada keripik singkong berpengaruh tidak nyata terhadap hedonik warna, aroma, rasa, tekstur dan berpengaruh nyata terhadap mutu hedonik warna, aroma, rasa serta berpengaruh tidak nyata terhadap mutu hedonik tekstur

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Evaluasi Sensoris Keripik Singkong (Manihot Utilissima) dengan Penambahan Bubuk Daun Salam (Syzygium Polyanthum)
Pengarang Maulida Julianti - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MAU e 2022
Subyek singkong gajah, daun salam,
olahan singkong, mutu hedonik
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Teknologi Hasil Pertanian
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua