Detail Cantuman Kembali
DARWIN - Personal Name

Produktivitas Muat Bongkar kayu menggunakan WHEEL LOADER di PBPH-HA PT INHUTANI 1 SAMBARATA Berau Kalimantan timur

Darwin. Produktivitas Muat Bongkar Kayu Menggunakan Wheel Loader di PBPH-HA PT INHUTANI I Sambarata Berau Kalimantan Timur. (Di bawahbimbingan Yosep Ruslim dan Dadang Imam Ghozali).
Muat bongkar adalah kegiatan menaikkan atau memuat kayu ke atas alat angkut dan menurunkan atau membongkarnya di tempat tujuan. Kegiatan muat bongkar untuk sortimen kayu yang panjang dan besar akan lebih praktis menggunakanseperti loader atau crane. Untuk tercapainya target produksi kayu yangditargetkan, maka kegiatan muat bongkar menjadi salah satu kegiatan yang sangat diperlukandan harus diperhatikan, dimana penggunaan alat muat bongkar dapat berpengaruhlangsung terhadap produktivitasnya.
Penelitian ini bertujuan untuk menghitung waktu kerja kegiatan muat bongkar kayu menggunakan wheel loader, menghitung volume kayu muat bongkar kayudan menghitung produktivitas muat bongkar kayu. Penelitian ini dilakukandi areal kerja PBPH-HA PT Inhutani I Sambarata, cabang Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan denganmelakukan perhitungan waktu kerja total, pengukuran volume kayudanperhitungan produktivitas alat muat bongkar.
Hasil penelitian menunjukkan rata-rata total waktu kerja murni pada proses muat yaitu 17 menit dan rata-rata waktu umum 2,40 menit. Sedangkan pada prosesbongkar rata-rata total waktu kerja murni yaitu 13 menit, dan rata-rata total waktuumum yaitu 5,55 menit. Untuk perhitungan volume pada proses muat jumlahkeseluruhan batang kayu yang berhasil diangkut sebanyak 341 batang dengantotal volume sebesar 1458,78 m3 , dan rata-rata jumlah batang kayu yang berhasil dimuat dalam 1 trip sebanyak 9 batang kayu dan rata-rata volume/trip 36,47m3 /trip. Sedangkan perhitungan volume pada proses bongkar jumlah keseluruhanbatang kayu yang berhasil diangkut yaitu sebanyak 274 batang dengantotal volume 1438,10 m3 , dan rata-rata jumlah batang kayu yang berhasil diangkut dalam 1 trip sebanyak 7 batang kayu dengan rata-rata volume/trip 35,95 m3 /trip. Hasil perhitungan produktivitas muat berdasarkan waktu kerja murni diketahui sebesar 128,33 m3 /jam, dengan rata-rata waktu kerja murni 17,30 menit danratarata volume perharinya 36,47 m3 /trip. Rata-rata hasil perhitungan waktu kerjamurni pada produktivitas bongkar yaitu 338,0 m3 /jam, dengan rata-rata waktukerja murni yaitu 6,52 menit, dan rata-rata volume 35,95 m3 /trip. Kemudianproduktivitas muat berdasarkan waktu total diketahui rata-rata produktivitassebesar 120,31 m3 /jam, dengan rata-rata waktu total 19,78 menit, dan rata-ratavolume 36,47 m3 /trip. Rata-rata produktivitas bongkar berdasarkan waktutotal adalah 283,46 m3 /jam, dengan rata-rata waktu total 12,09 menit, dan rata-ratavolume 35,95 m3 /trip.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Produktivitas Muat Bongkar kayu menggunakan WHEEL LOADER di PBPH-HA PT INHUTANI 1 SAMBARATA Berau Kalimantan timur
Pengarang DARWIN - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI DAR p 2022
Subyek Muat bongkar, waktu kerja, Wheel Loader,
produktivitas, volume
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Kehutanan
Jurusan kehutanan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua