Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di SMP Negeri 3 Long Ikis Tahun Ajaran 2021/2022
Disiplin didefinisikan sebagai sikap mental yang menggambarkan ketaatan, kerelaan, kesadaran dan tanggung jawab individu maupun kelompok untuk melakukan tugas dan kewajiban berdasarkan aturan-aturan yang telah disepakati dengan senang hati. Setiap siswa memiliki kesalahan yang berbeda-beda dikarenakan setiap siswa memiliki karakter yang berbeda-beda, sehingga peran konselor sangat diperlukan bagi pengembangan dan peningkatan disiplin siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru bimbingan dan koseling dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMP Negeri 3 Long Ikis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan sumber data primer yaitu guru bimbingan konseling dan siswa. Penulis melakukan pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMP Negeri 3 Long Ikis yaitu membantu siswanya dalam menyelesaikan masalah, memberikan bimbingan kepada siswa agar tidak salah dalam mengambil keputusan, memberi nasehat serta memberi teguran kepada siswa yang tidak disiplin melalui bimbingan kelompok, bimbingan individu dan bimbingan orang tua.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di SMP Negeri 3 Long Ikis Tahun Ajaran 2021/2022 |
---|---|
Pengarang | Ibnu Darmawan - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI IBN p 2023 |
Subyek | peran guru bimbingan dan konseling, kedisiplinan s |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Bimbingan dan Konselinhg |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY