Detail Cantuman Kembali
Miftahul Janah - Personal Name

Implementasi Bimbingan Karier Secara Daring bagi Siswa Kelas XII di SMA Negeri 14 Samarinda pada Masa Pandemi Covid-19

Miftahul Janah, 2021. “Implementasi Bimbingan Karier Secara Daring bagi Siswa Kelas XII di SMA Negeri 14 Samarinda pada Masa Pandemi Covid-19”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Mulawarman. Penelitian ini dibimbing oleh Rury Muslifar, S.Pd., M.Pd selaku pembimbing I dan Rudy Hadi Kusuma, S.Pd., M.Pd selaku pembimbing II.
Dampak pandemi berpengaruh pada karier siswa termasuk di SMA Negeri 14 Samarinda, seperti memengaruhi minat siswa dalam melanjutkan studinya pasca lulus dan adanya perbedaan pilihan jurusan studi lanjut antara orangtua dengan siswa. Maka perlu diberikan bimbingan karier khususnya bagi siswa kelas XII. Mengingat kondisi pandemi Covid-19 yang mengharuskan pembelajaran daring maka layanan BK secara umum termasuk layanan bimbingan karier juga diberikan secara daring. Mengingat adanya keterbatasan fasilitas ditambah Guru BK yang bekerja di SMA Negeri 14 Samarinda hanya satu orang, walaupun dibantu operator sekolah (OPS) namun tetap sebagai pelaksana utama bimbingan karier ada tantangan tersendiri bagi guru BK dalam melaksanakan tugasnya. Oleh karena itu, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi bimbingan karier yang dilaksanakan secara daring bagi siswa kelas XII di SMA Negeri 14 Samarinda pada masa pandemi Covid-19?. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi bimbingan karier yang dilaksanakan secara daring bagi siswa kelas XII di SMA Negeri 14 Samarinda pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan naratif. Sumber data yaitu 1 orang guru BK, 1 orang operator sekolah, dan 5 orang siswa kelas XII yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa bimbingan karier diimplementasikan dengan strategi pemberian informasi melalui media grup WhatsApp dan video YouTube serta desain pamflet informasi dengan Canva, bimbingan klasikal dengan Google Meet yang disertai pemberian LKPD yang diolah dengan Google Form. Langkah implementasi dimulai dari penyusunan program kerja dan RPL BK dengan mendapat dukungan pihak sekolah yang terkait, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut. Materi yang diberikan seputar pilihan karier dan rencana studi lanjut ke perguruan tinggi serta kewirausahaan. Secara umum implementasi bimbingan karier secara daring di lokasi penelitian tergolong baik.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Implementasi Bimbingan Karier Secara Daring bagi Siswa Kelas XII di SMA Negeri 14 Samarinda pada Masa Pandemi Covid-19
Pengarang Miftahul Janah - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MIF i 2021
Subyek Masa pandemi COVID-19
Bimbingan Karier, Daring,
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan BIMBINGAN DAN KONSELING
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua