Analisis Penggunaan Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik PT Pos Indonesia Di Daerah Perbatasan Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara
Adella Frascilia Samma’, 1602055091, Analisis Penggunaan Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik PT Pos Indonesia di Daerah Perbatasan Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara, di bawah bimbingan Kheyene Molekandella Boer, S.I.Kom., M.I.Kom, program studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman.
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan teknologi informasi dalam meningkatkan pelayanan publik PT Pos Indonesia di Daerah Perbatasan Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Fokus penelitian antara lain adalah transparansi, partisipasi, dan efisiensi. Informan pada penelitian ini berjumlah 3 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi informasi dalam meningkatkan pelayanan publik PT Pos Indonesia di Daerah Perbatasan Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara dilakukan dengan tiga langkah utama yaitu transparansi, partisipasi, dan efisiensi. Proses transparansi yang dilakukan oleh PT Pos Indonesia daerah perbatasan Kabupaten Nunukan untuk meningkatkan pelayanan publik adalah dengan membuat Standar Operasional Prosedur (SOP), menciptakan suatu informasi mengenai tata penggunaan aplikasi, dan menonjolkan tiga ciri khas utama dalam pelayanan yaitu adanya kemudahan akses, adanya bukti otentik, dan prinsip kejujuran. Proses partisipasi yang dilakukan oleh PT Pos Indonesia daerah perbatasan Kabupaten Nunukan untuk meningkatkan pelayanan publik adalah dengan membuat layanan pengaduan serta memberikan tanggapan atas setiap masukan yang diberikan. Proses efisiensi yang dilakukan oleh PT Pos Indonesia daerah perbatasan Kabupaten Nunukan dilakukan dengan beberapa langkah yaitu dengan melakukan pembaruan aplikasi dan kedua adalah melakukan minimalisasi kesalahan pada proses palayanan. Proses tersebut telah dapat meningkatkan pelayanan publik, karena dapat dibuktikan dengan banyaknya pengguna aplikasi Pospay hingga mencapai 79 mitra dan Pos Remmitance yang berjumlah 15 mitra dengan rincian 7 mitra wesel kirim dan 8 mitra wesel bayar.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Analisis Penggunaan Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik PT Pos Indonesia Di Daerah Perbatasan Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara |
---|---|
Pengarang | Adella Frascilia Samma' - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ADE a 2023 |
Subyek | Partisipasi Teknologi, Pelayanan Publik, Efesiensi, Transparan |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | Ilmu Komunikasi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY