Detail Cantuman Kembali
NUR AFIFAH FEBRIYANTI - Personal Name

Optimasi Fuzzy C-Means Menggunakan Particle Swarm Optimization untuk Pengelompokan Kabupaten/Kota di Pulau Kalimantan (Studi Kasus: Data Indikator Kesejahteraan Rakyat Tahun 2020)

Fuzzy C-Means (FCM) merupakan salah satu metode pengelompokkan suatu data berdasarkan derajat keanggotaan yang objek pengamatannya didasarkan pada informasi yang ditemukan dalam data yang menggambarkan objek tersebut. Metode FCM memiliki kelemahan dalam penentuan pusat cluster awal, sehingga dapat diatasi oleh metode Particle Swarm Optimization (PSO) yang dapat diterapkan untuk mencari solusi yang optimal dari penentuan pusat cluster optimal. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui jumlah cluster optimal berdasarkan indeks validitas Partition Coefficient (PC) dan Modified Partition Coefficient (MPC), dan memperoleh hasil pengelompokan kabupaten/kota menggunakan metode FCMPSO. Berdasarkan metode FCMPSO dengan indeks validitas PC dan MPC menghasilkan cluster optimal sebanyak dua cluster, cluster pertama beranggotakan 33 Kabupaten/Kota di Pulau Kalimantan dan cluster kedua beranggotakan 23 Kabupaten/Kota di Pulau Kalimantan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Optimasi Fuzzy C-Means Menggunakan Particle Swarm Optimization untuk Pengelompokan Kabupaten/Kota di Pulau Kalimantan (Studi Kasus: Data Indikator Kesejahteraan Rakyat Tahun 2020)
Pengarang NUR AFIFAH FEBRIYANTI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NUR o 2023
Subyek FCM, Indikator Kesejahteraan Rakyat, PSO
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan Statistika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua