Detail Cantuman Kembali
MASITAH - Personal Name

Peningkatan Hasil Belajar PPKn Materi Garuda Pancasila melalui Model Pembelajaran Index Card Match pada Siswa Kelas III SDN 005 Sungai Pinang Tahun Pembelajaran 2022/2023.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas III SDN 005 Sungai Pinang Tahun Pembelajaran 2022/2023 khususnya pada muatan mata pelajaran PPKn. Rumusan masalah dalam penelitian ini “Bagaimana meningkatkan hasil belajar muatan PPKn melalui model pembelajaran Index Card Match pada siswa kelas III SDN 005 Sungai Pinang Tahun Pembelajaran 2022/2023?”. Maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar muatan PPKn melalui model pembelajaran Index Card Match pada siswa kelas III SDN 005 Sungai Pinang Tahun Pembelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan tiga siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan.
Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas III A SDN 005 Sungai Pinang yang berjumlah 28 orang dengan peserta didik lakilaki berjumlah 14 orang, 14 peserta didik perempuan dan 1 orang guru. Objek penelitian ini adalah untuk melihat hasil belajar PPKn dan peningkatan setiap siklusnya dengan menggunakan model pembelajaran Index Card Match. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rata-rata, presentase dan grafik. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar PPKn materi Garuda Pancasila melalui model pembelajaran Index Card Match
pada peserta didik kelas III SDN 005 Sungai Pinang tahun pembelajaran 2022/2023 mengalami peningkatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai ratarata hasil belajar dari pra siklus sebesar 60,1 meningkat menjadi 62 pada siklus I dengan presentase peningkatan sebesar 1,59% dan persentase peserta didik yang tuntas sebesar 28,6%. Pada siklus II nilai rata-rata meningkat sebesar 70 dengan dengan presentase peningkatan sebesar 2,59% dan persentase peserta didik yang tuntas sebesar 46,43%. Pada siklus III nilai rata-rata meningkat sebesar 75, 89 dengan dengan presentase peningkatan sebesar 4,58% dan persentase peserta didik yang tuntas sebesar 82,14%.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Peningkatan Hasil Belajar PPKn Materi Garuda Pancasila melalui Model Pembelajaran Index Card Match pada Siswa Kelas III SDN 005 Sungai Pinang Tahun Pembelajaran 2022/2023.
Pengarang MASITAH - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MAS p 2022
Subyek Hasil Belajar, Model Pembelajaran Index Card Match
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua