Detail Cantuman Kembali
Yeremia Michael - Personal Name

STRATEGI ADAPTASI MASYARAKAT DAYAK BENUAQ DALAM MELAKSANAKAN RITUAL ADAT KWANGKEY DITENGAH PERUSAKAN ALAM DI KAMPUNG LAMBING

Yeremia Michael, Program Studi Pembangunan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan lmu Politik, Universitas Mulawarman. Strategi Adaptasi Masyarakat Dayak Benuaq Dalam Melaksanakan Upacara Adat Kwangkey Di tengah Perusakan Alam Di Kampung Lambing. Pembimbing Bapak Drs. Martinus Nanang, MA sebagai pembimbing I dan Bapak Zulkifli Abdullah S.Sos, M.Si sebagai pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi adaptasi masyarakat suku Dayak Benuaq dalam melaksanakan upacara Kwangkey di tengah perusakan hutan yang terjadi di Kampung Kambing, Kecamatan Muara Lawa, Kabupaten Kutai Barat. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori strategi adaptasi dengan teknik pengumpulan data di dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi dan didukung dengan data sekunder yang sudah ada. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang berfokus pada strategi masyarakat Dayak Benuaq dalam menyediakan perlengkapan upacara adat Kwangkey di tengah perusakan alam.
Hasil dari penelitian ini ditemukan strategi yang masyarakat buat untuk dapat menyediakan perlengkapan upacara adat Kwangkey secara lengkap di tengah perusakan alam yang sedang terjadi di Kampung Lambing, kerusakan alam yang ada di Kampung Lambing menyebabkan berbapa perlengkapan yang tersedia di alam menjadi langka sehingga masyarakat melakukan siasat dengan membuat strategi untuk mendapatkan perlengkapan secara lengkap strategi tersebut antara lain mengganti bahan baku dengan bahan yang lain yang tersedia di alam, membeli bahan baku, dan mengambil bahan baku perlengkapan dari luar kampung.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul STRATEGI ADAPTASI MASYARAKAT DAYAK BENUAQ DALAM MELAKSANAKAN RITUAL ADAT KWANGKEY DITENGAH PERUSAKAN ALAM DI KAMPUNG LAMBING
Pengarang Yeremia Michael - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI YER s 2022
Subyek Upacara Kwangkey, Kerusakan Hutan, Strategi, Adapt
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan Pembangunan Sosial
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua