Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inquiry pada Materi Persamaan Garis Lurus Kelas VIII SMP Negeri 2 Samarinda
Putri, Devi Windy Ervina. 2022. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inquiry pada Materi Persamaan Garis Lurus Kelas VIII SMP Negeri 2 Samarinda. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mulawarman. Pembimbing: (I) Drs. H. Asyril, M.Si. dan (II) Ariantje Dimpudus, M. Pd.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Inquiry pada materi Persamaan Garis Lurus kelas VIII SMP Negeri 2 Samarinda Tahun ajaran 2022/2023.
Subjek pada penelitian adalah siswa kelas VIII I sebanyak 32 siswa dan objek penelitian adalah model pembelajaran Inquiry dengan pendekatan saintifik. Data diperoleh dari dokumentasi, yaitu nilai dasar, hasil Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), tes akhir siklus, dan observasi. Penelitian ini dilakukan sebanyak tiga siklus, dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Dalam penelitian, peneliti bertindak sebagai pelaksana dalam pembelajaran, sedangkan guru matematika kelas VIII I dan rekan guru bertindak sebagai observer. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif berupa nilai rata-rata hasil belajar siswa dan presentase peningkatan hasil belajar siswa.
Nilai hasil belajar diperoleh dari data berupa LKPD dan tes akhir siklus. Siklus I digunakan sebagai nilai dasar, yaitu sebesar 70,89, siswa yang tuntas pada siklus I sebanyak 9 siswa. Pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa dengan nilai siklus I sebesar 70,89 meningkat menjadi 79,58 presentase ketuntasan siswa meningkat sebesar 66,66% atau sebanyak 20 siswa yang mencapai KKM, kriteria aktivitas guru berkategori sangat baik dan aktivitas siswa dikategorikan baik. Pada siklus III nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa dengan nilai siklus II sebesar 79,58 meningkat menjadi 82,62 presentase ketuntasan siswa meningkat sebesar 86,66% atau sebanyak 26 siswa yang mencapai KKM, kriteria aktivitas guru berkategori sangat baik dan kriteria aktivitas siswa berkategori sangat baik.
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah diselesaikan dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Inquiry pada materi Persamaan Garis Lurus Kelas VIII SMP Negeri 2 Samarinda Tahun Ajaran 2022/2023.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inquiry pada Materi Persamaan Garis Lurus Kelas VIII SMP Negeri 2 Samarinda |
---|---|
Pengarang | Devi Windy Ervina Putri - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI DEV p 2023 |
Subyek | Hasil Belajar, Inquiry, Persamaan Garis Lurus |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Matematika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY