Detail Cantuman Kembali
Putri Haryani Syahar - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI STATISTIKA DI KELAS VIII SMP NEGERI 29 SAMARINDA

Syahar, Putri Haryani. 2022. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Project Based Leaning pada Materi Statistika di Kelas VIII SMP Negeri 29 Samarinda. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematikam Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP, Universitas Mulawarman. Pembimbing: (I) Dr. H. Usfandi Haryaka, M.Pd, dan (II) Achmad Muhtadin, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini terlaksana karena melihat hasil belajar matematika siswa yang rendah dimana rata-rata nilai siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal dikarenakan siswa cenderung pasif selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran project based learning pada materi Statistika di Kelas VIII-A SMP Negeri 29 Samarinda Tahun Ajaran 2021/2022.
Metode penelitian yang diterapkan adalah peneltian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah 28 siswa. Sebanyak 22 siswa dianalis karena 6 siswa tidak mengikuti pembelajaran secara penuh. Objek penelitian adalah model pembelajaran project based learning. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumen berupa nilai dasar, tugas indivdu berupa LKPD, tugas kelompok berupa LKPD Kelompok yaitu Tabel Perkembangan Proyek, Observasi dan Tes Akhir Siklus. Teknik analisis data menggunakan stastik deskriptif yaitu penyajian data dalam bentuk tabel, peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa, dan persentase peningkatan rata-rata hasil belajar siswa. Indikator peningkatan menggunakan poin peningkatan hasil belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model project based learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa dilihat dari peningkatan nilai ratarata hasil belajar siswa dari nilai dasar ke siklus I yaitu 48,64 menjadi 63,74 atau sebesar 31% dengan poin peningkatan 24,05. Pada siklus II nilai rata-rata meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu 63,74 menjadi 72,76 atau sebesar 64% dengan poin peningkatan 22,38. Pada siklus III nilai rata-rata meningkat dari siklus II ke siklus III yaitu 72,76 menjadi 85,04 atau sebesar 17% dengan poin peningkatan 20,48. Aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran telah mengalami peningkatan dan mencapai kategori baik. Proyek berhasil dituntaskan secara kelompok sesuai dengan tuntunan LKPD dengan nilai rata-rata tugas akhir 85,99. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi statistika di kelas VIII-A SMP Negeri 29 Samarinda.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI STATISTIKA DI KELAS VIII SMP NEGERI 29 SAMARINDA
Pengarang Putri Haryani Syahar - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI PUT p 2023
Subyek Hasil Belajar Matematika,
Project Based Learning, Statistika.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Matematika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua