Detail Cantuman Kembali
BONIFASIUS IRANG - Personal Name

KEANEKARAGAMAN JENIS BURUNG DI PULAU TERUSAN DESA HANDIL TERUSAN KECAMATAN ANGGANA KUTAI KARTANEGARA

Bonifasius Irang (1504015237). Keanekaragaman Jenis Burung di Pulau Terusan Desa Handil Terus Kutai Kartanegara dibawah bimbingan Rustam S.Hut, M.P dan Albert Laston Manurung, M.For.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keragaman jenis burung yang terdapat di Pulau Terusan Desa Handil Terusan Kutai Kartanegara. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari – April 2021. Pengumpulan data dilakukan dengan metode pengamatan langsung yaitu di atas perahu bermotor menggunakan teropong binokuler dan kamera. Pengamatan dengan cara menyusuri aliran sungai, anak sungai, dan mengelilingi pulau Terusan.
Dari hasil pengamatan di lapangan selama dua minggu berhasil ditemukan sebanyak 52 jenis burung yang dikelompokan dalam 27 famili. Jenis-jenis dari famili Columbidae merupakan jenis paling banyak ditemukan (6 jenis), diikuti jenis-jenis Acipiteridae dan Ardeidae (5 jenis). Jenis-jenis burung yang dilindungi yang terdapat di Pulau Terusan yaitu kelompok dari famili Acipiteridae yaitu elang bondol (Haliastur indus), elang hitam (Ictinaetus malayensis), elang laut perut putih (Haliaeetus leucogaster), elang ikan kecil (Icthyophaga ichtyaetus), elang tikus (Elanus caeruleus), kuntul kecil (Egretta garzetta), kangkareng hitam (Anthracoceros malayanus), kangkareng perut putih (Anthracoceros albirostris), burung madu sepah raja (Aethopyga siparaja). Persentase dominasi paling banyak yaitu famili Pycnonotidae 22% terdiri dari tiga jenis burung, Hirundinidae 18% , Ploceidae 11%, Apodidae 9% sedangkan famili dengan persentase dominasi sedang yaitu Silviidae 6% terdiri dari 3 jenis burung dan Sturnidae 6% terdiri dari 2 jenis burung, Columbidae 5% terdiri dari 6 jenis burung, dan Ardeidae 4% terdiri dari 5 burung jenis, famili selebihnya memiliki persentase paling sedikit yaitu Timalidae 3%, Cuculidae 3% Acipiteridae 2%, Bucerotidae 2%, dan sisanya hanya sebanyak 1%.
Kelompok makan Insectivore/Piscivore (I/P) yang merupakan jenis burung pemakan serangga dan ikan adalah yang paling banyak tertangkap di lokasi penelitian, yaitu dengan persentase 21% sebanyak 7 jenis. Arboreal Foliage Gleaning Insectivore (AFGI) adalah jenis pemakan serangga yang mencari makan pada dedaunan memiliki persentase 19% sebanyak 9 jenis. Arboreal Frugivore (AF) adalah jenis burung pemakan tanaman/buah-buahan yang hidup pada lantai hutan memiliki persentase 11% sebanyak 6 jenis. Kemudian jenis burung Raptor dan Sallying Insectivore (SI) masing-masing memiliki persentase 10% terdiri dari
5 jenis pada setiap kelas makan, kemudian Arboreal Foliage Gleaning Insectivore/Frugivore (AFGI/F) memiliki persentase 10% terdiri dari 6 jenis pada tiap kelas makan. Kelas makan ini menunjukkan pentingnya habitat burung di kawasan ini sebagai penyedia pakan bagi komunitas burung yang ditemukan.
Kata Kunci: Keanekaragaman Jenis, Jenis Famili, Kelas Makan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KEANEKARAGAMAN JENIS BURUNG DI PULAU TERUSAN DESA HANDIL TERUSAN KECAMATAN ANGGANA KUTAI KARTANEGARA
Pengarang BONIFASIUS IRANG - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI BON k 2022
Subyek Keanekaragaman Jenis, Jenis Famili, Kelas Makan.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Kehutanan
Jurusan KEHUTANAN
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua