Detail Cantuman Kembali
ANGGI LARIZKI ALMUGHNI - Personal Name

Kualitas Perasarana Penyediaan Air Bersih dan Pola Asuh Ibu dengan Kejadian Diare Balita di Bayur Kelurahan Sempaja Utara Kota Samarinda

Diare masih menjadi penyebab kematian tertinggi kedua di seluruh dunia setelah penumonia. Penyakit diare berkaitan dengan berbagai faktor. Sanitasi lingkungan dan pola asuh ibu menjadi faktor yang sangat terkait dengan kejadian diare pada balita.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan penyediaan air bersih dan pola asuh ibu dengan kejadian diare pada balita di Bayur RT 22 dan 32 Sempaja Utara Kota Samarinda. Penelitian ini adalah kuantitatif observasional dengan pendekatan cross sectional dengan jumlah sampel 37balita. Analisis data pada penelitian menggunakan uji Chi-Square dengan kepercayaan 95% (α = 0,05).
Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara penyediaan air bersih (p value = 0,003) dan pola asuh ibu (p value = 0,001) dengan kejadian diare pada balita.
Kesimpulan yaitu ada hubungan bermakna antara penyediaan air bersih dan pola asuh ibu dengan kejadian diare di Bayur Kelurahan Sempaja Utara Kota Samarinda. Saran bagi masyarakat perlu adanya pembuatan SPAL yang tertutup untuk mencegah pencemaran air limbah dan genangan air terhadap air bersih dan peranan dan dukungan petugas kesehatan dalam usaha mencegah penyakit diare yang ditularkan melalui lingkungan serta edukasi pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat dalam meningkatkan pola asuh ibu guna mencegah kejadian diare pada balita.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Kualitas Perasarana Penyediaan Air Bersih dan Pola Asuh Ibu dengan Kejadian Diare Balita di Bayur Kelurahan Sempaja Utara Kota Samarinda
Pengarang ANGGI LARIZKI ALMUGHNI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ANG k 2023
Subyek Air Bersih, Pola Asuh, Kejadian Diare Balita
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Kesehatan Masyarakat
Jurusan Kesehatan Masyarakat
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua