Studi Penggunaan Scaffolding dalam Pemecahan Masalah Matematika di SD dan SMP
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan scaffolding dalam memecahkan masalah matematika pada siswa sekolah dasar dan siswa menengah pertama dalam studi literatur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian “kajian kepustakaan” atau “literature study”. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data yang sumber datanya berasal dari artikel penelitian terkait penggunaan scaffolding dalam pemecahan masalah matematika serta jurnal-jurnal hasil penelitian sebelumnya yang masih terkait dengan topik penelitian.Proses pengumpulan data pada penelitian ini diawali dengan pencarian jurnal ilmiah pada database onlinediantaranya Science And Technology Index (SINTA), Garda Rujukan Digital (GARUDA) dan google scholar.Dalam proses pencarian dikumpulkan 31 artikel penelitian yang pada akhirnya dipilih 12 artikel penelitian telah ditetapkansesuai dengan kriteria pencarian yaitu terakreditasi oleh Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dan Garda Rujukan Digital (GARUDA)pada kategori Sinta 2 sampai 4 dan dalam rentang waktu 5 tahun yaitu 2017-2021.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis). Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa 1) berdasarkan temuan-temuan teori yang dikumpulkan oleh peneliti terkait penggunaan scaffolding dalam pemecahan masalah seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa scaffolding termasuk dalam metode pembelajaran dengan pemberian dukungan belajar secara terstruktur, sehingga dapat membuat siswa lebih mandiri. 2) Penggunaan scaffolding dalam pemecahan masalah matematika berdasarkan studi literatur secara umum menggunakan level 2yaitu Explaining,Reviewing, dan Restructuring berdasarkan tingkatan pemberian scaffolding menurut Anghileri dan digunakan pada tingkatsekolah dasar dan sekolah menengah pertama. 3) Dalam pemberian tingkatan scaffolding, perlu disesuaikan dengan apa yang dibutuhkan oleh siswa pada saat itu, sehingga penting untuk memperhatikan tingkatan yang akan diberikan. Dengan tingkatan yang sesuai akan berdampak pada kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki oleh siswa.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Studi Penggunaan Scaffolding dalam Pemecahan Masalah Matematika di SD dan SMP |
---|---|
Pengarang | Laila Azizah - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI LAI s 2023 |
Subyek | Scaffolding Studi Literatur Pemecahan Masalah Matematika |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | |
Jurusan | Pendidikan Matematika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY