PERANCANGAN AUGMENTED REALITY PROGRAM BELAJAR NOTASI MUSIK BALOK UNTUK ANAK USIA SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN METODE MARKER BASED TRACKING
Teknologi Augmented Reality (AR) merupakan salah satu media pembelajaran alternatif karena memiliki tampilan yang menarik, efisien, dan efektif, khususnya dalam pembelajaran teori musik bagi anak usia sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperkenalkan metode belajar notasi musik balok menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) kepada anak usia 8 hingga 10 tahun yang berada pada level Grade 1 di tempat kursus musik, Fun Music Studio. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dan mengadaptasi model ADDIE. Data diambil dari studi pustaka, wawancara, observasi, dan kuesioner. Proyek program belajar berbasis AR dibangun dengan menggunakan perangkat lunak Blender 3D dan Assemblr Studio. Hasil proyek berupa AR Graphic Marker untuk aplikasi Assemblr dan marker yang terhubung link website untuk Google ARCore. Berdasarkan hasil pengujian perangkat, penggunaan Google ARCore dapat digunakan pada ponsel pintar dengan versi Android 10 ke atas, sedangkan untuk aplikasi Assemblr dapat digunakan pada ponsel pintar yang memiliki versi Android 7.0 Nougat ke atas. Hasil presentase kuesioner kepuasan anak-anak dalam pengujian program belajar sebesar 84% dan tergolong kategori sangat baik berdasarkan klasifikasi kelayakan skala Likert.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PERANCANGAN AUGMENTED REALITY PROGRAM BELAJAR NOTASI MUSIK BALOK UNTUK ANAK USIA SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN METODE MARKER BASED TRACKING |
---|---|
Pengarang | DEVI MARCELLA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI DEV p 2023 |
Subyek | Augmented Reality notasi musik balok |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Teknik |
Jurusan | INFORMATIKA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY