Detail Cantuman Kembali
Wihda Meliana Suryandini - Personal Name

Uji Toksisitas Ekstrak Gulma Rumput Kumpai (Hymenachne amplexicaulis) Terhadap Mortalitas dan Histologi Kerusakan Insang Ikan Mas (Cyprinus carpio L.) (Sebagai Penunjang Biologi)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui toksisitas ekstrak gulma rumput kumpai (Hymenachne amplexicaulis) terhadap mortalitas dan perubahan struktur insangikan mas (Cyprinus carpio L.). Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metodekuantitatif yang terdiri dari 4 perlakuan dosis ekstrak konsentrasi 20%, 40%, 60%dan 80%. Kontrol positif menggunakan detergen cair dan kontrol negatif tanpaperlakuan. Perlakuan dilakukan sebanyak 4 ulangan. Pembuatan preparat insangdilakukan dengan metode paraffin dengan menggunakan pewarnaanHematoksilin-Eosin. Berdasarkan hasil uji ANOVA dengan taraf signifikansi kurang dari 0,05 diketahui bahwa ekstrak rumput kumpai (Hymenachne amplexicaulis) berpengaruh terhadap terjadinya mortalitas dan kerusakan insang pada ikanmas(Cyprinus carpio L.) berupa sel radang, edema, dan nekrosis. Hasil penelitianmortalitas ikan paling banyak terjadi pada dosis ekstrak 80%dan paling rendahterjadi pada dosis 20%, hal ini menunjukan bahwa pemberian ekstrak rumput kumpai (Hymenachne amplexicaulis) berpengaruh terhadap terjadinya mortalitasdan kerusakan insang pada ikan mas (Cyprinus carpio L.).

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Uji Toksisitas Ekstrak Gulma Rumput Kumpai (Hymenachne amplexicaulis) Terhadap Mortalitas dan Histologi Kerusakan Insang Ikan Mas (Cyprinus carpio L.) (Sebagai Penunjang Biologi)
Pengarang Wihda Meliana Suryandini - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI WIH u 2022
Subyek Uji Toksisitas,
Gulma Rumput Kumpai (Hymenachne amplexicaulis),
Ikan Mas (Cyprinus carpioL.), Histologi
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Biologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua