Detail Cantuman Kembali
YUSTINA WORO PARANSIH - Personal Name

Pengembangan Potensi Kepariwisataan Di Kabupaten Mahakam Ulu Provinsi Kalimantan Timur

YUSTINA WORO PARANSIH, Program Pascasarjana Universitas Mulawarman, November 2022, Pengembangan Potensi Kepariwisataan Di Kabupaten Mahakam Ulu Provinsi Kalimantan Timur, Ketua Komisi Pembimbing : Prof. Dr. Hj. Aji Ratna Kusuma, M.Si, dan Anggota Komisi Pembimbing: Dr. H. Muhammad Noor, M.Si.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan potensi kepariwisataan di Kabupaten Mahakam Ulu Provinsi Kalimantan Timur ? serta apa saja faktor-faktor yang menghambatnya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif, dengan menggunakan analisis model interaktif. Fokus penelitian ini berada di Ujoh Bilang Kecamatan Long Bagun tepatnya pada Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Mahakam Ulu, dengan fokus penelitian meliputi Sarana Prasarana, aksesbilitas dan transporptasi, serta pemberdayaan masyarakat.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pengembangan Potensi Kepariwisataan Di Kabupaten Mahakam Ulu Provinsi Kalimantan Timur belum tergarap secara baik, dikarenakan secara infrastrukturnya belum terbangun, aksesbilitas yang belum memadai dan sulit terjangkau (terlalu jauh), anggaran yang belum tersedia, sarana prasarana yang kurang memadai, karena fasilitas sarana dan prasarana, akses, sangat mempengaruhi tingkat minat pengunjung suatu tempat wisata. Karena jika suatu tempat wisata memiliki fasilitas sarana dan prasana yang kurang memenuhi standart, maka dapat menurunkan minat untuk mendatangi tempat wisata tersebut. Sementara upaya Dinas pariwisata Kabupaten Mahakam Ulu untuk program pengembangan pariwisata adalah dengan melakukan pembenahan fasilitas sampai dengan melakukan rekolasi tempat yang lebih memadai dan meningkatkan keterlibatan masyarakat dengan cara melakukan sosialisasi guna membuka pikiran/mindset, selain itu juga melakukan pelatihanpelatihan guna menambah sumber daya manusia yang berlatar kepariwisataan, penambahan anggaran terhadap program tersebut sehingga dapat memperlancar dan mempermudah pengembangan potensi kepariwisataan di Kabupaten Mahakam Ulu.
Faktor-faktor yang menghambat Pengembangan Potensi Kepariwisataan di Kabupaten Mahakam Ulu Provinsi Kalimantan Timur yaitu belum adanya bangunan infrastruktur yang memadai, anggaran yang belum tersedia, sarana yang kurang memadai, serta pengembangan potensi kepariwisataan ini harus menjadi perhatian Pemerintah daerah yang menjadi visi misi Kabupaten Mahakam Ulu.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengembangan Potensi Kepariwisataan Di Kabupaten Mahakam Ulu Provinsi Kalimantan Timur
Pengarang YUSTINA WORO PARANSIH - Personal Name
No. Panggil TESIS YUS p 2022
Subyek Pengembangan, Potensi Kepariwisataan.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan MAGISTER ADMINISTARASI PUBLIK
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua