Detail Cantuman Kembali
RISNAWATI - Personal Name

Pemberdayaan Masyarakat Pada Kelompok Budidaya Ikan Lele Siduruk Kelurahan Belimbing Kecamatan Bontang Barat

Risnawati. 2015 Pemberdayaan Masyarakat Pada Kelompok Budidaya Ikan Lele Siduruk Kelurahan Belimbing Kecamatan Bontang Barat, Skripsi, Program Studi Pembangunan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman. Pembimbing : (1) Prof. Dr. Hj. Nur Fitriyah., MS dan Drs. H. Badruddin Nasir., M. Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses Pemberdayaan Masyarakat Pada Kelompok Budidaya Ikan Lele Siduruk Kelurahan Belimbing Kecamatan Bontang Barat dan mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pemberdayaan kelompok budidaya ikan lele Siduruk.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftip dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dengan mewawancarai narasumber secara mendalam kepada ketua kelompok budidaya ikan lele Siduruk, 5 anggota kelompok budidaya ikan lele Siduruk dan pihak Dinas perikanan kemudian sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ada lah penelitian kepustakan dan penelitian lapangan. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan hasil. .
Berdasarkan analisis data yang digunakan maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberdayaan kelompok pada kelompok budidaya ikan lele Siduruk sudah cukup baik dilihat dari upaya pokok pemberdayaan yakni melalui bina manusia, bina usaha, bina lingkungan, dan bina kelembagaan. (1). Bina manusa yaitu mengajak anggota untuk berkecimpung didalam usaha kelompok dan memberikan pelatihan secara mandiri mengenai budidaya ikan lele yang dilakukan oleh ketua kelompok budidaya ikan lele Siduruk. (2). Bina usaha yakni pemberdayaan kelompok budidaya ikan lele dipengaruhi dengan penguatan modal, pemasaran dan adanya sarana pendukung berupa alat budidaya yang difasilitasi oleh pemerintah yang mempermudah para anggota kelompok budidaya ikan lele Siduruk dan sangat membawa manfaat kepada ketua dan anggota-anggota yang terdapat didalamnya. (3). Bina lingkungan yakni pemberdayaan yang dilakukan yaitu memberikan pengetahuan bagaimana memanajemen sumber daya seperti kegiatan pengelolaan kolam ikan, pembuangan limbah, lahan dan lainnya agar terjaga dengan baik. Dan melakukan pemanfaatan dan pelestarian sumber daya secara tepat dan efesien. Bina lingkungan tidak hanya membahas mengenai aspek lingkungan fisik melainkan aspek lingkungan sosial juga sangat berpengaruh. Masyarakat merasa diuntungkan dari keberadaan kelompok budidaya ikan lele Siduruk ini. (4) Bina kelembagaan yakni Pemberdayaan ini kelembagaan ini berkaitan dengan pengembangan kelembagaan kelompok budidaya ikan lele Siduruk dan pengembangan jaringan kerja sama sesuai dengan tujuan awal terbentuknya kelompok budidaya ikan lele Siduruk ini. Sedangkan masalah yang terdapat dalam pemberdayaan kelompok budidaya ikan lele Siduruk adalah belum adanya pelatihan resmi dari Dinas Perikanan dan kurang terorganisirnya anggota-anggota kelompok.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pemberdayaan Masyarakat Pada Kelompok Budidaya Ikan Lele Siduruk Kelurahan Belimbing Kecamatan Bontang Barat
Pengarang RISNAWATI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI RIS p 2022
Subyek Pemberdayaan, Kelompok, Budidaya
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan PEMBANGUNAN SOSIAL
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua