Detail Cantuman Kembali
Aguswandi Polibaon - Personal Name

Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Pakcoy (Brassica rapa L.) dengan Pemberian Pupuk Urea dan Bakteri Fotosintetik PNSB

AGUSWANDI POLIBAON. Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Pakcoy (Brassica rapa L.) dengan Pemberian Pupuk Urea dan Bakteri Fotosintetik PNSB. Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2022. (dibawah bimbingan Eliyani dan Alvera Prihatini Dewi Nazari).

Pakcoy (Brassica rapa L.) merupakan salah satu tanaman sayuran dengan tingkat konsumsi masyarakat yang cukup tinggi. Upaya meningkatkan produksi pakcoy dapat dilakukan dengan pemupukan. Pupuk urea merupakan salah satu jenis pupuk yang sering digunakan petani dalam pemupukan tanaman. Penggunaan pupuk yang lain dapat dilakukan dengan pemanfaatan bakteri fotosintetik PNSB sebagai pupuk hayati yang diasosiasikan pada tanaman. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pupuk urea, bakteri fotosintetik PNSB, dan interaksi antara keduanya terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman pakcoy.
Penelitian dilaksanakan pada bulan April sampai dengan Juni 2022 di kebun para-para Jurusan Agroekoteknologi, Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, Samarinda. Percobaan disusun dalam Rancangan Acak Kelompok merupakan percobaan faktorial 2 x 2 dengan sepuluh ulangan. Faktor pertama adalah dosis pupuk urea terdiri atas dua taraf yaitu, 0 dan 150 kg ha-1 . Faktor kedua adalah konsentrasi bakteri fotosintetik PNSB terdiri atas dua taraf, yaitu 0 dan 5 mL L-1 larutan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan sidik ragam. Apabila pengaruh perlakuan menunjukkan perbedaan yang nyata, untuk membandingkan antara dua rata-rata perlakuan dilanjutkan dengan Uji Beda Nyata Terkecil (BNT) pada taraf 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi antara perlakuan dosis pupuk urea dan konsentrasi bakteri fotosintetik PNSB berbeda nyata pada variabel tinggi batang dan panjang akar pakcoy. Pemberian dosis pupuk urea menunjukkan hasil berbeda sangat nyata terhadap semua variabel yang diamati, yaitu jumlah daun umur 14, 21, dan 28 Hari Setelah Pindah Tanam (HSPT), tinggi batang, diameter batang, panjang akar, total luas daun, bobot segar per tanaman, dan bobot kering per tanaman pakcoy. Pemberian konsentrasi bakteri fotosintetik PNSB menunjukkan hasil berbeda sangat nyata terhadap variabel jumlah daun umur 14 dan 21 HSPT, diameter batang, bobot segar per tanaman, bobot kering per tanaman, dan berbeda nyata pada variabel jumlah daun umur 28 HSPT.

Kata kunci: bakteri fotosintetik PNSB, pakcoy, pupuk urea

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Pakcoy (Brassica rapa L.) dengan Pemberian Pupuk Urea dan Bakteri Fotosintetik PNSB
Pengarang Aguswandi Polibaon - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI AGU p 2022
Subyek Bakteri Fotosintetik PNSB, Pakcoy, Pupuk Urea
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Agroekoteknologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua