Detail Cantuman Kembali
Wahida Robiatul Awwalia - Personal Name

Potensi Industri Mobile Game Menjadi Soft Power Tiongkok

Wahida Robiatul Awwalia. NIM 1802045012. Potensi Industri Mobile Game Menjadi Soft Power Tiongkok, dengan bimbingan Dr. Sonny Sudiar, S.IP, MA. Program Studi Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman.

Industri mobile game di Tiongkok telah mengalami pertumbuhan yang pesat dalam beberapa dekade terakhir, didukung oleh beberapa faktor seperti peran aktif pemerintah dan komunitas yang ada di dalam industri tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan potensi industri mobile game sebagai sumber soft power Tiongkok. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan data sekunder sebagai sumber data, yang diperoleh melalui studi dokumentasi dan metode observasi. Teknik analisis data kualitatif kemudian digunakan di dalam penelitian ini untuk menginterpretasikan data. Kerangka analisis Konstruktivisme, konsep Soft Power dan konsep Industri Kreatif digunakan untuk meneliti fenomena penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi timbal balik antara industri mobile game dengan peraturan mengenai industri tersebut telah memungkinkan terwujudnya realitas dalam bentuk potensi industri untuk menjadi sumber soft power di Tiongkok. Industri ini dapat dikategorikan sebagai industri kreatif, yang menggunakan kreativitas sumber daya manusia yang mereka miliki untuk menampilkan budaya Tiongkok dengan cara yang menarik. Sebagai bentuk budaya populer yang menampilkan budaya Tiongkok secara menarik, mobile game dapat dilihat sebagai sebuah aset soft power dan sebagai inisiatif Tiongkok untuk membangun presensi mereka dan memperbaiki citra internasionalnya.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Potensi Industri Mobile Game Menjadi Soft Power Tiongkok
Pengarang Wahida Robiatul Awwalia - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI WAH p 2022
Subyek Mobile Game
soft power
budaya populer
industri kreatif
Konstruktivisme
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2022
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan Hubungan Internasional
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua